Ada 4 Faktor Penyebab Laka Lantas, Begini Penjelasan Kasat Lantas Polres Kotim?

IST/BERITA SAMPIT - Satlantas Polres Kotim, bersama Satgas Kotim, saat mensosialisasikan protokol kesehatan di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, beberapa waktu lalu.

SAMPIT – Kelalaian, kurang hati-hati serta tidak disiplin dalam berlalu lintas menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya. Polres Kotawaringin Timur (Kotim), melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terus berupaya mencegah dan menekan tingkat kecelakaan di jalan.

Kasatlantas Polres Kotim, Salahiddin menerangkan, ada empat faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan, pertama faktor manusia itu sendiri, kedua jalan, ketiga alam, dan keempat kendaraan.

“Kita juga selalu mengimbau masyarakat Kotim, khususnya dari faktor jalan, agar benar-benar bisa memahami dan menguasai betul mana jalan-jalan yang rusak. Saat memasuki jalan yang rusak setidaknya bisa mengurangi batas kecepatan, dan memperhatikan betul keselamatannya,” kata Salahiddin, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id, Rabu 03 Maret 2021.

BACA JUGA:   Camat Baamang Sambut Baik Perbaikan Jalan Perum Bukit Permai

Menjaga keselamatan di jalan, menurutnya, harus memahami betul bagaimana bersikap dan bertindak, sebab selama di jalan raya menanamkan norma-norma kemanusiaan itu menjadi tindakan penting, menjaga keselamatan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Kita mengimbau pada seluruh masyarakat Kotim, untuk selalu berhati-hati saat berkendara, patuhi aturan berlalu lintas dan patuhi marka dan rambu-rambu lalu lintas,” paparnya.

Kemudian Salahiddin juga mengajak para orang tua, turut membantu menahan diri agar tidak mudah memberikan ataupun membelikan kendaraan pada anaknya yang masih dibawah umur, karena mayoritas yang sering kebut-kebutan di jalan adalah anak yang masih berstatus pelajar.

BACA JUGA:   Buntut Keributan Dilarang Antre Isi BBM, Sopir Laporkan Oknum Sekuriti SPBU KM 8 Tjilik Riwut Sampit

“Kita perlu kerjasama dukungan orang tuanya, sehingga kecelakaan dijalan untuk anak yang masih dibawah umur bisa mencegah,” ujarnya.

“Kami dari Satlantas Polres Kotim, ingin menciptakan situasi kondisi tertib lalulintas yang aman dan kondusif, Tentunya untuk menciptakan hal itu, kita melakukan patroli, edukasi, sosialisasi, kepada warga masyarakat agar peduli disiplin dalam hal berlalulintas. Sudah banyak korban dijalan raya karena pelanggaran lalulintas,” demikian Salahiddin. (Cha/beritasampit.co.id).