Kota Palangka Raya Peringkat Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi

IST/BERITA SAMPIT - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (tiga dari kanan) saat foto bersama usai menerima penganugerahan dari Gubernur Kalteng atas keterbukaan informasi publik.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya mendapatkan penganugerahan dari Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam keterbukaan informasi badan publik tahun 2020 kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng.

Dimana, dengan kategori menuju informatif ada enam kabupaten/kota yang mendapatkan kualifikasi, antara lain Kota Palangka Raya dengan nilai 94,20, Kabupaten Kotawaringin Barat 90,26, Murung Raya 88,49, Kapuas 84,70, Pulang Pisau 81,54 dan Kotawaringin Timur dengan nilai 79,95.

Berdasarkan keputusan Komisi Informasi Provinsi Kalteng Nomor : 92 /KEP/KIKALTENG/ XIII/2020 tanggal 14 Desember 2020 Kota Palangka Raya sebagai badan publik peringkat I menuju informatif dalam melaksanakan Undang-undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang informasi publik.

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mejelaskan, bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya terkait keterbukaan informasi publik naik peringkat dari tahun sebelumnya, menjadi peringkat terbaik.

Menurutnya, ini adalah dalam melaksanakan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang informasi publik yang bertujuan untuk menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana kebijakan dan program publik.

Terkait hal ini juga menurut Fairid dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan suatu keputusan publik, serta mewujudkan pemerintahan yang good governance transparan, efektif, efisien, akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan.

“Tentunya ini semua ada proses dan indikator penilaian, saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov. Kalteng dan Komisi Informasi Kalteng dan yang tidak kalah penting seluruh jajaran keluarga besar Pemerintahan Kota Palangka Raya baik legislatif dan instansi vertical,” tutur Fairid, Senin 15 Maret 2021.

BACA JUGA:   Pemprov Gelar Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintah di Daerah untuk Menyinkronkan Program

Lebih lanjut Fairid menambahkan, bahwa mempertahankan peringkat ini adalah tugas yang lumayan berat, dia berharap bisa menambah motivasi semuanya untuk ke depan. Menurutnya ini adalah hanya titipan sementara.

“Ini semua adalah berkat hasil dari kerja saudara-saudara semuanya bukan dari saya pribadi, tak lupa juga dari ibu Wakil Wali Kota, Ibu Sekda dan jajaran pegawai di lingkungan Pemerintah Kota,” ujar Fairid. (M.Slh/beritasampit.co.id).