Sugianto Minta Pengembangan dan Peningkatan Kapasitas 8 Bandara Kepada Wapres

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran.

MUARA TEWEH – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kunjungan kerja ke Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimatan Tengah, Selasa 30 Maret 2021. Kunker ini dalam rangka peresmian Bandara Haji Muhammad Sidik di daerah tersebut.

Memanfaatkan agenda Wapres, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berkesempatan untuk meminta dukungan dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas 8 (delapan) bandara lain di Provinsi Kalteng.

Hal ini penting dilakukan karena menurut Sugianto, mempertimbangkan luasnya wilayah Kalteng yang memerlukan aksesibilitas khususnya transportasi udara, sehingga harus dikembangkan dan ditingkatkan.

BACA JUGA:   PMMK Berkah Mulai Dilaksanakan, Upaya untuk Berintegrasi dengan Kegiatan Pemerintah Provinsi

Delapan bandara itu, yaitu bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II agar dapat menjadi bandar udara internasional, dengan usulan perpanjangan landasan sepanjang 500 meter.

Dengan demikian, bandara Tjilik Riwut akan memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter, dengan peningkatan daya dukung landasan pacu dari 48 menjadi 60, sehingga bisa didarati pesawat jenis Airbus 330-300.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Halikinnor Dinilai Layak Maju di Pilkada Kalteng 2024

Selanjutnya, Sugianto meminta perpanjangan landasan bandar udara Iskandar di Pangkalan Bun, maupun dukungan pembangunan Bandara Baru di Kabupaten Kotawaringin Barat, serta pengembangan Bandara H. Asan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Selain itu, juga bandara Sanggu di Kabupaten Barito Selatan, Bandara Puruk Cahu di Kabupaten Murung Raya, Bandara Kuala Pembuang di Kabupaten Seruyan, Bandara Tumbang Samba di Kabupaten Katingan, dan Bandara Kuala Kurun di Kabupaten Gunung Mas. (HARDI/beritasampit.co.id).