Nelayan Wilayah Utara Kotim Bakal Terima Kapal 3GT

KAPAL BALAPAN : DOK. UMAR MAHMUDIN/BERITA SAMPIT - Nelayan Dusun Palingkau, Desa Sei Ijum Raya, Kecamatan MHS, Kotim, Kalteng, saat memandang kapal balapan yang sedang parkir.

SAMPIT – Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), rencananya 2021 akan bagi-bagi kapal nelayan berkapasitas 3GT. Hanya saja, kapal nelayan itu untuk 2 kecamatan di wilayah utara.

“Pembuatan kapal nelayan 3GT itu merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perikanan, nantinya kapal itu akan diserahkan kepada nelayan di wilayah utara yakni, Mentaya Hulu dan Bukit Santuai,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto melalui Sekretaris H. Jumberi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 13 April 2021.

BACA JUGA:   Pupuk Langka, Petani Padi Paksa Ganti Pupuk Garam

Jumberi menegaskan, kapal nelayan itu sudah dipesan dan hanya diproduksi lokalan. Alasannya, kata dia, karena untuk nelayan pesisir dan perairan umum daratan bukan untuk nelayan laut.

“Kalau kapal nelayan untuk kelautan itu wewenangnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng,” tegas Jumberi yang juga pernah menjabat Camat Pulau Hanaut ini.

Sesuai dengan anggaran tersedia, tambahnya, Dinas Perikanan Kotim hanya akan memproduksi 8 kapal berkapasitas 3GT dan hanya dihibahkan kepada nelayan yang sudah terdaftar di dinas perikanan. (ifin/beritasampit.co.id).