Hujan Akibatkan Sungai Satui Meluap, Belasan Ribu Jiwa di Lima Desa Terdampak

Anggota Polsek Satui, Polres Tanah Bumbu melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir.//IST_Antara/Firman;

BANJARMASIN – Belasan ribu jiwa di lima desa terdampak banjir besar di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dilansir dari Antara, Kapolsek Satui AKP Parman, mengatakan, hingga Jumat siang sudah ada dua lokasi pengungsian yang didirikan yaitu SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan dengan jumlah warga mengungsi 55 Kepala Keluarga atau 186 jiwa dan di Gedung Majelis Talim Desa Sungai Danau terdapat 6 KK atau 21 jiwa.

“Selebihnya masih bertahan di rumah masing-masing, namun kami mengimbau agar warga mengungsi ke tempat lebih aman sembari terus melalukan evakuasi,” kata Parman, Jumat 14 Mei 2021.

Adapun lima desa yang terdampak banjir, yakni Desa Sejahtera Mulia dihuni 290 KK atau 580 jiwa, Desa Jombang 162 KK atau 515 jiwa, Desa Sinar Bulan 1.104 KK atau 4.413 jiwa, Desa Sungai Danau 1.745 KK atau 5.670 jiwa serta Desa Satui Barat 120 KK atau 380 jiwa.

BACA JUGA:   BNN Kalsel Berhasil Mengungkap Peredaran Delapan Kilogram Sabu-sabu dalam Karung Beras

“Jadi data sementara sebanyak 11.558 jiwa atau 3.421 KK terdampak banjir di Kecamatan Satui hingga siang hari ini,” paparnya.

Anggota Polsek Satui, Polres Tanah Bumbu melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir.//IST_Antara/Firman;

Parman menjelaskan , beberapa desa seperti Desa Jombang, Satui Timur, Sinar Bulan dan Sungai Danau ketinggian air masih sekitar dua meter dari batas normal, karena lokasi tersebut berada di bantaran Sungai Satui sehingga sebagian besar pemukiman warga tergenang air dengan ketinggian sekitar tiga meter.

Sedangkan wilayah Desa Sejahtera Mulia ketinggian air sudah turun dan akses jalan bisa dilalui dengan normal.

Untuk wilayah Desa Sinar Bulan, air terus naik sehingga menggenangi Jalan Provinsi Km 164 di RT 8 sepanjang 300 meter dengan ketinggian sekitar 20 centimeter, namun arus lalu lintas jalur Banjarmasin ke Batulicin masih lancar.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalsel Berharap Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila Kembali Ada di Sekolah

“Banjir diakibatkan karena adanya hujan dengan intensitas tinggi sejak hari Rabu sehingga mengakibatkan sungai Satui meluap,” beber Parman.

Dalam upaya membantu penanggulangan banjir, Polsek Satui bersama Koramil Satui dan Posal Sungai Danau mendirikan posko banjir dan dapur umum. Dikerahkan pula sarana dan prasarana Satuan Polair dan tim SAR Satuan Sabhara Polres Tanah Bumbu, jajaran Polda Kalsel untuk melaksanakan evakuasi warga.

“Kami melakukan himbauan kepada warga yang berada di bantaran sungai agar selalu waspada apabila terjadi banjir susulan karena curah hujan diperkirakan masih tinggi dalam beberapa hari ke depan,” kata Parman.

(BS-65/beritasampit.co.id)