Anang Kapeliyus : Belum Ada Perehapan Rumah Betang Tumbang Gagu

IST/BERITASAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Anang Kapeliyus.

SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Anang Kapeliyus memberikan tanggapan terkait dengan objek wisata Betang di Desa Tumbang Gagu yang sebelumnya ramai di perbincangkan lantaran disebut ada proses pelaksanaan perehabapan bangunan yang tidak melibatkan para tokoh dan lainnya tersebut.

“Untuk meghindari kesimpang siuran informasi ini, maka saya tegaskan rumah Betang itu tidak akan direhap apalagi sampai merubah struktur bangunannya. Karena itu adalah objek wisata kita dari suku dayak yang kita banggakan, dan harus dijaga dengan baik,” ungkapnya Rabu 19 Mei 2021.

BACA JUGA:   Tahapan Pilkada Segera Dimulai, Berikut Jadwal Pendaftaran hingga Penetapan Peserta

Legislator Partai Demokrat ini juga menyampaikan, adapun rencana yang akan dilakukan bersama Bupati dan bersama dirinya mungkin dalam waktu dekat akan ada jadwal berkunjung kerumah Betang tersebut untuk mengecek rumah Betang itu.

“Oleh sebab itu kita hanya akan membersihkannnya saja, memang kami ada rencana berkunjung kesana maka akan di bersihkan itupun di sekitar rumah, misalnya membersihkan rumput, dan juga rumah itu dan memang kita melihat beberapa waktu lalu lantai dapur rumahnya sudah ada yang rusak itu juga perlu di bersihkan dan di perbaiki,” tuturnya.

BACA JUGA:   Sepekan setelah Ditemukan Mengapung di Sungai Mentaya, Jenazah Bayi Belum Dimakamkan

Selain itu dia juga mengatakan jikapun suatu saat nanti akan ada perbaikan, diapun menjamin tidak akan merubah bentuk bangunan tersebut. Karena itu adalah rumah Betang, rumah adat yang tidak boleh dirubah apalagi dirusak.

“Saya jamin tidak ada rehap apalagi merubah bangunannya dan saya harap keluarga yang ada di betang tidak perlu kwatir karena jika ada perbaikan pun Pemkab pasti akan meminta ijin dan berkoordinasi dengan keluarga dibetang,” tutupnya.

(im/beritasampit.co.id).