Kembangkan Objek Wisata, Pemkab Barito Utara Berdayakan Warga Setempat

Kepala Disbudparora, Hj Annisa Cahyawati, mengunjungi objek wisata Kampung Raja Mandak di Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan.//IST_Antara/ft-Disbudparpora Barito Utara.

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparora) setempat, terus mengembangkan objek wisata di daerah ini dengan memberdayakan masyarakat sekitar lokasi objek wisata.

Salah satunya adalah objek wisata alam Kampung Raja Mandak yang berlokasi di kawasan Dam Trahean. Berbasis alam yang masih sejuk kaya dengan oksigen, pemandangan yang indah dan asri tersai disekitar objek wisata ini yang ditata dan dikelola oleh warga setempat, yaitu Krisman dan kawan-kawan.

“Pengembangan wisata salah satunya Kampung Raja Mandak ini memberdayakan masyarakat setempat sebagai pelaku pembangunan kepariwisataan,” kata Kepala Disbudparpora Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati, Senin 24 Mei 2021. Dikutip dari Antara.

Wisata Kampung Raja Mandak ini berlokasi di Kecamatan Teweh Selatan, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Muara Teweh ibu kota Kabupaten Barito Utara.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

“Dalam pengembangan tempat wisata ini langsung melibatkan warga setempat dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya pariwisata yang berorientasi pada keutuhan kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekologi,” imbuhnya.

Wisata yang berada di tepi Danau Trahean dan memiliki spot-spot instagramable yang unik dan menarik ini terus dilakukan pembenahan-pembenahan. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung dapat melalui gerbang wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur.

BACA JUGA:   Pembangunan Kawasan Shrimp Estate Seluas 40,17 Hektare

Dia mengatakan, pemerintah juga membantu menjadikan masyarakat sekitar mandiri secara ekonomi melalui pendapatan manfaat secara langsung dari sektor kepariwisataan yang dikelola oleh masyarakat setempat.

“Alternatif wisata alam di tengah pandemi Covid-19 dapat menjadi pilihan bagi kita semua, namun tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat,” kata Annisa.

(BS-65/beritasampit.co.id)