TMMD Ke-111 Bangun Infrastruktur Desa Suato Lama Bawa Rejeki Bagi Warga dan Pedagang

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan TMMD di Desa Suato Lama.

RANTAU – Ekonomi yang terpuruk akibat Covid-19 kini perlahan mulai bangkit dan mulai dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Salah satu yang membuat keadaan ekonomi masyarakat Tapin bangkit, selain usaha pemerintah setempat dengan menggerakkan UMKM, juga kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin.

Kegiatan TMMD yang  berlokasi di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris berlangsung selama 30 hari dari 15 Juni hingga 14 Juli  2021. Kegiatan ini berdampak kepada peningkatan ekonomi para pedagang di masa pandemi Covid-19.

Pengakuan Lasmi (32 )salah seorang pedagang di Desa Suato Lama mengatakan, kalau sekarang warung menjadi ramai. “Alhamdulillah banyak anggota TNI maupun para pekerja lain misalnya sopir truck singgah ke warung untuk belanja sembari beristirahat,” ujar Lasmi, Senin 28 Juli 2021.

Lasmi juga menuturkan kalau sebelumnya cuma penduduk di sekitar yang singgah. “Kalau sebelumnya sehari bisa dapat Rp 200 ribu sekarang bisa mencapai satu juta,” kata Lasmi.

Darsono pemilik kios di lokasi TMMD juga menyampai hal senada seperti Lasmi, pembeli di dagangannya bertambah sejak kedatangan ratusan prajurit TMMD.

“Kehadiran Bapak-Bapak TNI selain membangun infrastruktur di daerah kami, tapi juga membuat penghasilan kami bertambah karena banyak yang belanja,” ungkap Darsono.

Berbeda dengan Suharmin dan Herman dua warga Desa Suato Lama ini merasa senang dengan kegiatan TMMD, karena mendapat penghasilan tambahan.

“Kita bersyukur bisa membantu Tentara yang membangun desa, dan terkadang kita dikasih uang karena membantu mereka,” ucap Suharmin yang diamini Herman.

Kegiatan yang bertema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri,” di lokasi yang berpenduduk 12.116 jiwa itu kata Dandim 1010 Tapin Letkol Inf Andi Sinrang tidak hanya membangun infrastruktur, namun juga kegiatan TMMD itu harus mampu berkesan positif dari masyarakat.

“Seperti tema yang dibawakan TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, hal-hal baik kita laksanakan di sana,” ujarnya.

Selain membangun infrastruktur untuk menunjang perekenomian masyarakat pedesaan, kegiatan TMMD juga bisa meningkatkan perekenomian masyarakat. (Mery/beritasampit.co.id).