Masjid Kota Madinatul Al Mubaraqah Sampit Distribusikan 800 Lebih Paket Daging Hewan Kurban

Suasana pemotongan dan pembagian hewan kurban di Masjid Madinatul Al Mubaraqah, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa 20 Juli 2021.//jun-beritasampit.co.id;

SAMPIT – PHBI Masjid Madinatul Al Mubaraqah, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada 10 Zulhijah 1442 H atau 20 Juli 2021 Masehi.

Dengan antusias panitia qurban masjid yang dikenal dengan sebutan masjid kota ini melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Pemotongan dan pembagian hewan kurban melibatkan panitia kurban yang telah dibentuk beberapa hari sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Daging hewan kurban ini kemudian didistribusikan kepada 800 warga kurang mampu atau yang berhak menerimannya.

Ketua panitia penyembelihan hewan qurban masjid Madinatul Al Mubaraqah Sampit, H Supiani mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini merupakan salah satu upaya penyadaran diri agar memiliki kesadaran berkurban secara individu bagi yang mampu dan sebagai wujud kebersamaan serta silahturahmi serta keperdulian kepada sesama, sesuai dengan ajaran agama.

“Meski dalam keterbatasan, Alhamdulillah tahun ini kami dapat melaksanakan qurban 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Daging hewan kurban ini nantinya akan dibagikan kepada sekitar 800 warga kurang mampu atau yang berhak menerima. Sedangkan kelebihannya akan kami bagikan kepada warga yang tidak memiliki kupon kurban dari kami,” katanya Selasa. 20 Juli 2021.

BACA JUGA:   Seekor Buaya Naik ke Darat di Desa Basirih Hilir, BKSDA Turunkan Tim ke Lokasi

Menurutnya, Idul Adha tahun ini dapat menjadi momentum untuk mempersatukan umat dalam menghadapi pandemi covid-19. Daging hewan kurban yang dibagikan juga diharapkan sampai kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Mari kita berdoa bersama semoga pandemi cepat berlalu dan kita dapat beribadah dengan tenang. Seperti ibadah kurban ini semoga di tahun-tahun mendatang lebih banyak lagi yang berkurban. Yang pasti kita tanamkan rasa kepedulian antar sesama, khususnya kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu,” harapnya.

Dari pantauan, penyembelihan hewan kurban di masjid yang terletak di samping pelabuhan dan kawasan wisata Ikon Jelawat ini berjalan lancar dan penuh kebersamaan, meski sedikit warga yang menyaksikan. Hal ini selain karena warga sedang dalam suasana Idul Adha, juga adanya perberlakukan PPKM berskala mikro didaerah ini.

BACA JUGA:   Praktisi Pendidikan Sarankan Pemda Kotim Pertimbangkan untuk PTM Terbatas

Sejak pukul 8 pagi atau usai sholat idul adha, panitia kurban sudah memulai kegiatan penyembelihan.

Setelah melalui proses penyembelihan dengan sigap beberapa panitia lainnya menguliti dan membersihkan daging kemudian diserahkan kepada kelompok pembagi dan penimbang berat daging kurban yang akan dibagikan, Sementara panitai lainnya menghitung dan menjumlahkan hewan kurban yang akan dibagikan.

Usai penghitungan, daging kurban yang telah terbungkus rapi tersebut kemudian di distribusikan oleh beberapa panitia sekitar pukul 13.30 WIB.

Untuk pembagian hewan kurban kepada puluhan warga yang tidak memiliki kupon, panitia setempat dibantu petugas dari Polsek KP Mentaya, guna mengarahkan warga agar tertib tidak berkerumun saat pembagian hewan kurban.

(BS-65/beritasampit.co.id)