Facebook dan Instagram Perketat Kebijakan Platform untuk Pengguna Dibawah 18 tahun

ilustrasi

JAKARTA – Facebook Inc mulai memperketat kebijakan platform untuk pengguna di bawah 18 tahun, termasuk di Instagram.

Facebook akan melarang pengiklan menargetkan pengguna di bawah usia 18 tahun berdasarkan kesukaan atau aktivitas mereka di situs lainnya, dikutip dari Reuters, Rabu 28 Juli 2021.

Atas perubahan ini, pengiklan di platform Facebook hanya bisa menargetkan usia 18 tahun berdasarkan usia, jenis kelamin atau lokasi, berlaku untuk Facebook, Messenger dan Instagram.

BACA JUGA:   Penyebab "learning loss" Pada Anak Karena Pembelaaran Jarak jauh dan Kiat Menyiasatinya

Instagram menyatakan perubahan ini terjadi karena remaja belum bisa membuat keputusan soal iklan target tersebut.

Juru bicara Facebook menyatakan tidak ada perubahan untuk kebijakan pengumpulan data.

Sementara di Instagram, pengguna di bawah usia 16 tahun secara otomatis akan menjadi akun privat, dikunci, untuk mencegah interaksi tidak diinginkan dengan orang dewasa.

Akun privat akan menjadi setelan utama, default, ketika pengguna di bawah 16 tahun membuat akun Instagram, namun tetap ada opsi untuk menjadi akun publik.

BACA JUGA:   Tips Dokter Agar Terhindar Dari Gigi Ngilu

Instagram menyatakan di beberapa negara, mereka mempersulit pengguna dewasa yang menunjukkan perilaku mencurigakan, untuk bisa menemukan akun remaja.

Legislator dan penegak hukum di Amerika Serikat mengkritisi Facebook karena berencana membuat Instagram untuk usia di bawah 13 tahun.

Facebook Inc menyatakan sedang mengerjakan “pengalaman Instagram untuk usia 12an”, yang akan memberikan kontrol bagi orang tua tentang aktivitas anak mereka di platform tersebut.

(Sumber : Antara)