Masih di Bawah Target Nasional, KPU Kotim Lakukan Hal Ini

Ketua KPU Kabupaten Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih.

SAMPIT – Partisipasi pemilih pada pemilu lalu mendapatkan perhatian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Sejumlah daerah yang belum mencapai target nasional diminta melakukan terobosan dengan menggelar agenda sehingga pada 2024 bisa meningkat.

Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi salah satu dari daerah yang ditarget KPU RI, karena capaian partisipasi pemilih masih di kisaran 65 persen.

“Target nasional yaitu 77,5 persen sementara di Kotim partisipasi pemilih 65,22 persen. KPU RI memberikan perhatian pada daerah-daerah yamg masih di bawah target,”kata Siti Fathonah Purnaningsih, Ketua KPU Kotim, Minggu 22 Agustus 2021.

BACA JUGA:   TEGAS!! Kadisdik Kotim Minta Semua Kepala Sekolah Sukseskan PKG

Menurut dia saat ini KPU Kotim mulai melakukan sejumlah agenda sosialisasi dengan titik sasaran yang sudah dipetakan dengan memperhatikan data hasil pemilu lalu.

Selain melakukan sosialisasi, kata Fathonah pihaknya melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan terus mendorong keaktifan masyarakat.

Tidak hanya itu upaya koordinasi lintas instansi pemerintah daerah juga dilakukan seperti dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa.

BACA JUGA:   Dinsos Kotim Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Desa Bapinang Hulu

“Untuk pemutahiran daftar pemilih berkelanjutan ini, pada siswa tingkat SMA/SMK yang telah berusia 17 tahun menjadi sasaran untuk masuk daftar ini,” katanya.

Sementara untuk agenda sosialisasi, pihak akan bergerak melakukan penguatan serius pada 4 kecamatan, yaitu MB Ketapang, Baamang, Kota Besi dan Mentaya Hilir Selatan.

“Kami akan menjadikan 4 kecamatan ini menjadi sasaran, karena berdasarkan data partisipasi pemilih masih di bawah 50 persen.”tandasnya.

(ZR/Beritasampit.co.id)