Ketua DPRD Seruyan Apresiasi Peternak Ubah Kotoran Kambing Jadi Biogas

AHMAD/BERITASAMPIT: Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo saat mencoba memasak dengan menggunakan kompor biogas.

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengapresiasi dan mendukung inovasi yang dilakukan komunitas Antang Batamaet yang telah menyulap kotoran kambing menjadi biogas.

“Saya mengapresiasi sekali ide-ide atau inovasi dari peternak kambing di Kecamatan Seruyan Hilir Timur, ini suatu karya yang sangat luar biasa, mereka bisa membuat biogas yang tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Eko, Rabu, 29 September 2021.

Menurutnya, setelah uji coba ini ke depannya bisa menjadi percontohan tempat pemanfaatan kotoran ternak menjadi biogas.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Seruyan Perhatikan Keberadaan UMKM

Dia berharap kedepannya semua pemangku kebijakan agar ikut mendukung semua karya dari komunitas kambing, “Kedepan harapan kami, semua pemangku kebijakan mensuport apa yang menjadi karya dari peternak kambing,” ujarnya.

“Ketika mau dibuat secara massal tentunya diperlukan kajian yang lebih baik lagi, dari segi kelayakannya yang utama, kemudahannya, agar ini bisa dipakai bukan hanya untuk para peternak kambing saja tetapi bagi masyarakat,” kata Eko.

BACA JUGA:   Tiga Buah Raperda Resmi Diparipurnakan pada Rapat Pembahasan Evaluasi

Selain itu, dia menyebut ini berkaitan dengan situasi ekonomi sekarang, harga elpigi yang sulit didapat bisa menjadi solusi ke depannya.

Untuk itu, dia meminta agar dipastikan kelayakannya untuk bisa dipakai oleh masyarakat umum. “Dari teman-teman harus memastikan bahwa ini layak dipakai untuk masyarakat terutama untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Antang Batamaet Seruyan Jaya menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Seruyan yang telah memberikan dukungan secara moral dan pendanaan. (ASY)