DPRD Katingan Minta Warga Tetap Waspada Banjir

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi air menggenai pemukiman warga di Desa Samba Kahayan, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Hujan deras beberapa hari ini terus melanda wilayah Katingan, akibatnya debit air dibagian utara meningkat hingga memasuki pemukiman rumah warga.

Bahkan dari informasi yang diterima beritasampit.co.id ada empat Kecamatan yang telah terdampak banjir yakni Kecamatan di kecamatan Bukit Raya, kecamatan Marikit, kecamatan Sanaman Matikei dan kecamatan Katingan Tengah.

Meski banjir tidak terlalu besar dari banjir sebelumnya, aktivitas warga cukup terhambat. Seperti yang diungkapkan Mujadin salah Warga Samba Kahayan, Kecamatan Katingan Tengah.

Menurut penuturnya banjir memang sudah memasuki pemukiman warga, kendati demikian volumenya terbilang tidak separah banjir sebelumnya. Ia juga mengakui pondok pesantren yang ia pimpin sempat terendam.

“Air sudah mulai surut tidak sebesar banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu,” ucapnya dengan beritasampit.co.id. Senin, 04 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Antisipasi Bahan Berbahaya, BPOM Kalteng dan Dinkes Katingan Lakukan Intensifikasi Pangan
IST/BERITA SAMPIT – Kondisi air menggenai pemukiman warga di Desa Samba Katung, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Hal senanda juga diungkapkan Anggota BPD Samba Katung Rahmadi, menurutnya air memang memasuki sebagian rumah warga, namun kondisi air mulai surut.

Menyikapi itu Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah meminta masyarakat setempat agar tetap waspada. Pasalnya, kondisi air dan cuaca masih sulit diprediksi.

“Saya minta warga tetap waspada, mengiat beberapa hari ini sering terjadi hujan,” katanya.

Legislator Dapil III itu juga meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait terus memonitor perkembangan kondisi air. Dia juga menyebutkan DPRD telah menganggarkan untuk penanganan bencana bahkan telah ditambahkan dari Rp 10 Miliar menjadi 19 M pada perubahan anggaran yang sudah ditetapkan beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

“Jadi, berdasarkan aturan, dana itulah rencananya yang bisa kita bantukan kepada saudara-saudara kita yang terdampak banjir,” terangnya.

Dirinya berharap banjir kali ini tidak seperti banjir pada beberapa pekan lalu. Meski begitu terjadi banjir lagi, Pemkab dan DPRD akan terus berupa membantu masyarakat.

“Sebab, ini sudah menjadi kewajiban kami,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Katingan itu.

Dia juga mengingatkan kepada semua masyarakat Katingan, bukan saja di wilayah hulu, tapi juga di wilayah tengah hingga hilir agar tetap waspada serta selalu siap mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir ketiga dalam dua bulan terakhir ini.

(Kawit/Beritasampit.co.id)