Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

BITRO/BERITASAMPIT - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga saat memberikan sambutan Pj Bupati Katingan di Aula Bappelitbang, Kamis 28 Maret 2024.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah (Musrenbang RKPD) 2025 yang diikuti seluruh SOPD dan Camat se-Kabupaten Katingan di Aula Bappelitbang, Kamis 28 Maret 2024.

Dalam sambutan Pj Bupati Katingan yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga, menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang RKPD merupakan rangkaian proses kegiatan yang harus dilalui dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah sebagaimana yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Eka menyebut pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan wadah resmi sebagai forum multi-pihak yang dilaksanakan secara terbuka dapat mengidentifikasi menentukan prioritas kebijakan pembangunan serta berfungsi sebagai proses negosiasi, rekonsiliasi, harmonisasi perbedaan antara dan pemerintah dan pemangku kepentingan sekaligus konsensus bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan berikut pendanaannya.

“Kebutuhan masyarakat sesuai potensi maupun masalah menghadapi guna mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Katingan dapat meningkatkan pembangunan melalui pemerataan dan peningkatan kualitas kesejahateraan masyarakat untuk kemajuan ekonomi daerah,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

Selain itu kata Eka Suryadilaga pada tahun 2025 nanti, sasaran kinerja yang ingin dicapai tentunya tidaklah mudah, namun demikian harus optimis bahwa target-target yang akan ditetapkan dalam RKPD tahun 2025 bisa dicapai dengan dukungan semua pihak seperti sektor swasta dan sektor lainnya yang dapat disinergikan melalui peningkatan struktur ekonomi, peningkatan daya saing SDM, pembangunan dan pemeratan dan Infrastruktur pelayanan publik jalan, jembatan, air bersih, sanitasi, dan perumahan bagi kesejahteraaan masyarakat sesuai kewenangannya.

“Memastikan bahwa rencana kerja yang akan kita susun benar-benar sesuai dengan tugas dan fungsi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mempunyai dampak terhadap pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat kita, juga memiliki daya ungkit terhadap peningkatan dan stabilitas ekonomi daerah,” katanya.

Sementara itu dirinya juga menjelaskan kepada seluruh perangkat daerah harus memikirkan dengan seksama program, kegiatan, dan sub kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025, terlebih nantinya menelaah permasalahan pembangunan yang berasal dari pokok-pokok pikiran DPRD yang disampaikan melalui aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) yang sudah disiapkan oleh Kemendagri, sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan yang ditetapkan dalam RPD Kabupaten Katingan tahun 2024-2026.

BACA JUGA:   Program Jaminan Sosial Bagi Penyelenggara Pemilu, Kesbangpol Katingan dan BPJS Teken Perjanjian Kerjasama

“Saya berharap kepada perangkat daerah teknis agar lebih proaktif dalam mengusulkan kegiatan yang didanai melalui APBN dan DAK. Agar terus berupaya melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Kementerian/Lembaga untuk usulan yang bersifat strategis dalam pembangunan di kKatingan,”jelasnya.

Selain itu dia juga mengungkapkan mendukung rencana program dan kegiatan untuk mendukung peningkatan ekonomi daerah yang terkait dengan percepatan penyediaan sarana dan prasarana layanan publik, dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan penyediaan layanan publik antar daerah termasuk pembangunan sumber daya manusia dan dukungan pendidikan.

“Kita dapat mendukung dan saling membantu dalam menjalankan berbagai kebijakan penyelengaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, demi kesejahteraan masyarakat sesuai dengan semangat kita di bumi Penyang Hinje Simpei,”pungkasnya.

(Bitro)