Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Berbagai Belahan Dunia

JAKARTA – Berikut ini adalah kabar terbaru tentang pandemi Covid-19 dari berbagai belahan dunia, yang dikutip Antara Jumat 8 Oktober 2021 dari sumber, Reuters.

Asia-Pasifik

* Dokter-dokter di Australia memperingatkan bahwa pelonggaran pembatasan Covid-19 yang terlalu cepat di Sydney dapat membebani sistem kesehatan dan membahayakan nyawa. Kota terbesar di Australia itu pekan depan akan mengakhiri lockdown yang sudah berlangsung lebih dari 100 hari.

* Singapura bersiap mengizinkan para pelancong dari Amerika Serikat yang sudah divaksin untuk masuk ke negara itu tanpa karantina sebelum akhir tahun ini.

* Malaysia telah memberi izin bersyarat bagi vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech untuk digunakan sebagai suntikan penguat.

Eropa

* Komite Penasihat Vaksin Jerman merekomendasikan dosis penguat vaksin mRNA bagi orang yang telah disuntik dengan vaksin Johnson & Johnson.

* Kasus Covid-19 di Spanyol pada Kamis turun menjadi di bawah 50 per 100.000 penduduk – batasan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai “risiko rendah” – untuk pertama kalinya dalam satu tahun lebih.

BACA JUGA:   Apresiasi Menko Airlangga Luncurkan Situs Resmi G20, Mukhtarudin: Untuk Dorong Pemulihan Ekonomi Dunia

* Italia menaikkan batas jumlah penonton maksimal di tempat pertunjukan seni/budaya dan arena olahraga pada Kamis sebagai upaya lanjutan untuk melonggarkan pembatasan bagi mereka yang bisa menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19.

* Badan Obat-Obatan Eropa (EMA) telah menyetujui pabrik obat AS Merck & Co di West Point, Pennsylvania, untuk memproduksi vaksin Johnson & Johnson.

Amerika

* Presiden Joe Biden pada Kamis berharap lebih banyak perusahaan AS yang mewajibkan vaksinasi Covid-19 kepada pekerjanya.

* Panama membeli 3 juta dosis tambahan vaksin Pfizer/BioNTech untuk program vaksinasi tahun depan.

Timur Tengah dan Afrika

* Negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara tengah berusaha pulih dari krisis virus corona karena sistem kesehatan masyarakat di sana yang kekurangan dana memperburuk krisis ekonomi, kata Bank Dunia.

* Presiden Nigeria mengungkapkan rekor tertinggi anggaran 2022 yang mencapai 16,39 triliun naira (Rp569 triliun), dengan proyeksi kenaikan 25 persen setahun anggaran belanja pemerintah karena ekonomi memburuk akibat pandemi.

Perkembangan Medis

BACA JUGA:   Mukhtarudin Minta Pemerintah Daerah Perbaiki Data Vaksinasi

* Produsen perawatan kesehatan Prancis Sanofi mengklaim telah menemukan hasil positif dari penelitian pertama tentang vaksin influenza dosis tinggi dengan penguat vaksin Covid-19 berbasis mRNA.

Dampak Ekonomi

* Saham-saham Asia pada Jumat menguat karena saham-saham China rebound setelah libur nasional sepekan berakhir yang dipicu oleh kenaikan harga saham global. Investor juga mencermati data penting tentang pasar kerja di AS sebagai masukan untuk memprediksi kapan bank sentral AS akan memutuskan soal tapering (membeli obligasi dan surat berharga untuk mencegah krisis keuangan).

* Pertumbuhan pasar kerja di AS tampaknya naik pesat pada September ketika gelombang Covid-19 selama musim panas mulai mereda. Kondisi itu membuat bank sentral mulai mengurangi pembelian obligasi bulanannya.

* Pengeluaran rumah tangga di Jepang turun lebih tajam daripada yang diprediksi pada Agustus ketika pembatasan darurat Covid-19 mengurangi tingkat konsumsi.

* Perusahaan-perusahaan di Inggris membayar pegawai baru dengan besaran gaji tertinggi sejak 1990-an, menurut survei yang dilakukan bank sentral Inggris.