Warga Daerah Bantaran Sungai Barito Diminta Waspada Potensi Banjir

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Mura, Rabul Yakin.

PURUK CAHU – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), Rabul Yakin meminta kepada seluruh masyarakat yang kediamannya menjadi langganan banjir, diingatkan agar bisa waspada terhadap potensi banjir, mengingat cuaca alam yang tidak menentu.

“Pada intinya berkaitan dalam penanganan menghadapi banjir, sehingga apa yang menjadi kebutuhan dan bantuan kepada masyarakat mengingat apabila bencana banjir kembali terjadi akan menjadi perhatian yang serius,” ujar Rabul, Selasa 12 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Menurut Rabul, saat ini kondisi debit air sungai barito kembali mengalami kenaikan untuk wilayah hulu. Sehingga, kondisi tersebut harus dipantau secara rutin oleh pemerintah setempat melalui instansi terkait dapat harus menyikapi dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam membantu masyarakat.

“Saya menyarankan agar pemerintah daerah terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk selalu menyiapkan segala kemungkinan jika terjadi bencana banjir susulan. Setidaknya Sarprasnya harus siap jika dibutuhkan masyarakat, termasuk logistiknya,” pintanya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Rabul mengakui, di Kabupaten Mura sendiri terdapat beberapa kawasan di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito yang rawan banjir yang harus menjadi perhatian yang intens dilakukan dan dipantau.

“Sebab itu, diperlukan kesiapan dalam melakukan evakuasi untuk pengamanan dan keselamatan masyarakat serta kesiapan dalam menghadapi dampak terburuk ataupun dampak sosial dan kondisi terburuk yang tidak dinginkan,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).