Kalteng Terima Penghargaan APE Kategori Madya

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat menghadiri acara penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 melalui konferensi video

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri acara penyerahan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 melalui konferensi video, dari Ruang Rapat Wakil Gubernur, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 13 Oktober 2021.

Pada APE tahun 2020 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Madya. Sejumlah kabupaten juga menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama, yakni Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Murung Raya, dan Kota Palangka Raya.

Penghargaan APE dibagi menjadi empat kategori, yaitu Pratama, Madya, Utama, dan Mentor. Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

BACA JUGA:   Piagam BKN Award Wujud Apresiasi Kepada Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah

Pada kesempatan itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga mengatakan, bahwa acara penghargaan APE yang sedianya diberikan pada tahun 2020 ini, terdapat 13 Kementerian/Lembaga, 29 Provinsi, dan 296 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan APE tahun 2020.

“Pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi tujuh prasyarat Pengarusutamaan Gender,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Akan Segera Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir di Barito Utara dan Murung Raya

Bintang menjelaskan, sebagai bentuk apresiasi pada Kementerian atau Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender ke dalam program dan kegiatannya, dan juga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dengan memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Perlu dikerahui APE telah diberikan setiap dua tahun sejak tahun 2004. APE merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender. APE adalah sebuah penghargaan sekaligus bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran para pemimpin Kementerian/Lembaga dan Pemda yang telah melaksanakan dimensi operasional pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)