Pemkab Barsel Diminta Perhatikan Objek Wisata Dayung Danau Sadar

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala Desa Danau Sadar, Jumadi.

BUNTOK – Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporabud) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) diharapkan jangan melupakan objek wisata dayung yang berada di Desa Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), karena merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan masyarakat Barsel.

Hal tersebut dikarenakan, objek wisata dayung Danau Sadar termasuk salah satu arena terbaik di Asia Tenggara untuk lomba dayung karena kondisi alamnya yang memiliki air berwarna hitam yang sangat eksotis. Bahkan, pernah dilaksanakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung pada tahun 2003, sehingga perlu perhatian dan penanganan kembali.

Kepala Desa (Kades) Danau Sadar, Jumadi mengatakan, selama ini objek wisata Danau Sadar selalu dipelihara oleh warga setempat karena merupakan tempat untuk mencari ikan serta ada tempat untuk beristirahat yakni lanting terapung, perahu tradisional dan yang lainnya.

BACA JUGA:   Diskop UKM Kalteng Pacu Peningkatan Keterampilan dan Kreativitas Perajin di Barito Selatan

“Namun ke semuannya itu sudah tidak bisa difungsikan lagi seperti semula bahkan untuk lampu penerangan di tribun pun keadaannya gelap gulita dan ini sudah berbulan-bulan lamanya. Sehingga perlu perhatian dan penataan kembali dari Disporabud setempat,” katanya, kepada beritasampit.co.id, Senin 18 Oktober 2021 saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu, terkait gelapnya lampu penerangan di area tribun Danau Sadar, kata Jumadi, membuat area tersebut beralih fungsi menjadi tempat berkumpulnya pasangan muda-mudi tentunya yang dikhawatirkan terjadi hal yang negatif karena didukung gelapnya tempat tersebut.

“Oleh karena itu, sangat diharapkan untuk penanganan kembali objek wisata ini agar bisa kembali berfungsi seperti semula karena dengan dibenahinya kembali tentunya akan menarik wisatawan lokal maupun luar daerah untuk datang berkunjung,” tutur Jumadi.

BACA JUGA:   Ketua Pemuda Pancasila Barsel: Pengusaha SPBU Harus Jauh Hari Antisipasi Kehabisan Stok BBM

Mantan Altet Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Barsel ini menambahkan, di Kabupaten Barsel banyak destinasi wisata begitu juga objek wisata dayung Danau Sadar merupakan salah satu destinasi wisata daerah, sehingga wajar apabila harapannya kepada Disporabud Barsel untuk memperhatikan wisata tersebut.

Apalagi, lanjut Dia, pernah mengharumkan nama Barsel, yakni dilaksanakannya Kejurnas Dayung pada tahun 2003. “Selain akan menarik wisatawan lokal maupun luar daerah yang datang berkunjung ke objek wisata dayung Danau Sadar, ini tentunya turut andil untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkas Jumadi. (Ded/beritasampit.co.id).