Bunda PAUD Kalteng Memastikan PTM Bisa Optimal

PENINJAUAN : IST/BERITA SAMPIT - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat meninjau sekolah PAUD.

PALANGKA RAYA – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengunjungi beberapa sekolah seperti TK Purnawida, RA. Al-azhar, dan TK Sinar Surya di wilayah Kota Palangka Raya, Jumat 22 Oktober 2021.

Kunjungan ini dimaksudkan memantau persiapan sekolah dalam pelaksanaan tatap muka (PTM). Ivo Sugianto Sabran ingin memastikan, pelaksanaan pertemuan tatap muka optimal di masa pandemi, yakni sesuai dengan protokol kesehatan serta sarana dan prasarana sekolah yang memadai.

“Kunjungan kali ini dalam rangka meninjau persiapan sekolah dalam melaksanakan tatap muka, dan sampai sejauh mana kesiapannya dalam menerapkan protokol kesehatan, sejauh mana fasilitas, sarana dan prasaranan sekolah, apakah memadai atau tidak,” katanya.

BACA JUGA:   Asprov PSSI Tunda Liga 3 Zona Kalteng

Ivo sekaligus meninjau program yang sedang digalakkan POKJA PAUD Provinsi Kalteng yaitu PAUD Holistik Integratif.

“Dari beberapa TK tadi, alhamdulilah sebagian besar sudah mulai menerapkan satuan-satuan di PAUD Holistik Integratif dan mudah-mudahan ini juga dapat terlaksana pembelajaran tatap muka dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait, baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat dan orang tua.

BACA JUGA:   Sengkon Sebut Perindo Beda Dari Partai Lain, Kisno Hadi Ajukan Gugatan

Sementara itu, soal penurunan stunting, Ivo berpesan ke TK yang dikunjungi agar tiap bulan ke Posyandu. Ini penting untuk pemantauan tumbuh kembang anak, jika sarana dan prasarananya kurang, bisa dibantu seperti alat pemantauan, alat ukur tinggi atau berat badan, lalu pemberian makanan tambahan.

“Di Provinsi Kalteng ada program bantuan PMT dalam rangka menurunkan angka stunting, jika mereka mengajukan maka bisa kami bantu,” ujarnya. (Hardi/beritasampit.co.id).