Dewan Ingatkan Kades Gunakan DD dengan Tepat Sasaran

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Barsel Hj. Ani Mahrita.

BUNTOK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Hj. Ani Maharita ingatkan seluruh Kepala Desa (Kades) di daerah ini agar mempergunakan Dana Desa (DD) dengan baik.

Karena dengan telah disalurkannya DD tersebut oleh Pemerintah Pusat ke setiap desa di seluruh Indonesia termasuk desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Barsel ini diharapkan penggunaannya tepat sasaran.

Hj. Ani Mahrita kepada beritasampit.co.id, Minggu 24 Oktober 2021 mengatakan, hal tersebut demi membangun desa seperti peningkatan infrastruktur, peningkatan daya beli masyarakat serta kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri, yang pada akhirnya bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat desanya itu sendiri.

BACA JUGA:   KUA-PPAS Tahun 2022 Barsel Sebesar Rp1 Triliun Lebih

Menurut Politisi Golkar Barsel ini, apabila dapat menerapkan pola tersebut tentunya masyarakat akan bisa ikut serta membangun desanya masing-masing. Sehingga DD tersebut akan benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara merata.

“Oleh karena itu, kepada SOPD terkait agar terus melakukan pemantauan secara langsung untuk melihat sejauh mana DD yang dikelola oleh pihak desa, ini peruntukannya apakah benar-benar tepat sasaran sehingga tidak menyalahi aturan,” jelasnya.

Sama halnya dengan pengajuan usulan program atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga menjadi tugas SOPD terkait untuk memverifikasi dan mencermati apakah usulan tersebut sudah sesuai.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Jaringan Listrik Masuk Desa

“Pasalnya, karena ketidaktahuan masyarakat dapat menjadikan setiap usulan berkesan asal-asalan maka akan bermasalah dengan hukum,” ujar Ani Mahrita.

Oleh karena itu, Dia berharap kepada SOPD terkait dan pihak kecamatan untuk memberikan motivasi dan pengawasan DD kepada pihak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

“Supaya penggunaan DD yang telah disalurkan oleh Pemerintah Pusat ini lebih efektif dan benar-benar tepat sasaran untuk pembangunan desanya dan pastinya Kades jangan sampai menyelewengkan DD, ingat pasti dijerat oleh hukum,” tegas Ani Mahrita. (Ded/beritasampit.co.id).