Sugianto Minta Calon Kades Siap Menang dan Kalah

PARIPURNA : KAWIT/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Katingan Sugianto.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Sugianto berharap para calon kepala Desa (Kades) bisa menyiapkan mental. Mental yang ia maksud adalah rasa menerima semua putusan hasil Pilkades nanti, pasalnya dalam setiap pemilihan akan ada yang diangkat menjadi pemenang dan sebaliknya.

Sugianto menyarankan kepada semua pihak yang telibat dalam proses Pilkades agar cermat dan teliti. Terutama soal data pemilih dan profesional panitia penyelenggara yang harus berpegang teguh dengan peraturan perundang-undangan.

“Soal DPT ini sering menjadi masalah, jadi saya minta untuk semua pihak memperhatikan itu semua, jangan sampai nanti kalo sudah ditetapkan baru protes kan sulit jadinya,” ucap Sugianto dengan beritasampit.co.id saat di kantor DPRD Katingan. Senin, 25 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

Ia juga menyebutkan belum lama ini pihaknya juga telah melakukan kunjungan kerja memantau persiapan Pilkades tersebut. Dalam kunjungannya itu di wilayah Dapil III, hingga sekarang proses Pilkades masih terbilang lancar dan aman.

Kendati begitu, ia juga mengakui tahapan Pilkades harus juga menjadi perhatian serius terutama dimulai dari tahapan pemungutan suara dan penghitungan hasil serta penetapan calon terpilih tidak dipungkiri dinilai rawan terjadinya gejolak.

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

“Kita harapkan semua calon siap menang dan kalah, kita menginkan Pilkades ini bisa lancar, aman dan damai. Tentu juga harus berpijak pada aturan-aturan yang berlaku,” tambahnya.

Untuk diketahui pemungutan suara dan penghitungan hasil pilkades serentak di Kabupaten Katingan bakal digelar pada 23 November 2021 nanti.

Saat ini, tahapan pilkades verifikasi bakal calon. Ada 42 desa di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan yang akan melaksnakan pilkades serentak itu.

(Kawit/beritasampit.co.id)