Lantik 17 Bunda PAUD Kecamatan, Ini Harapan Bupati Bima

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti saat melakukan pengukuhan pengurus PAUD.

BIMA – Pelantikan dan pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 17 Kecamatan dan 191 desa Se-Kabupaten Bima yang berlangsung pada Minggu 31 Oktober 2021.

Kegiatan yang dipusatkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Panda Kecamatan Palibelo kabupaten bima propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipimpin oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Bima berlangsung dalam suasana hikmad dan tertib.

Dalam Pengukuhan Bunda PAUD tersebut, turut hadiri Ketua DPRD Kabupaten Bima M. Putera Ferryandi, Forkompimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima dan Kepala Satuan Perangkat Daerah.

Hj. Indah Dhamayanti Putri mengatakan, pelantikan tersebut menjadi tonggak penting yang menandai dimulainya kiprah ibu-ibu dalam upaya bersama menumbuh kembangkan karakter anak sejak usia dini.

BACA JUGA:   Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Mengadu Ke Bupati

“Pelantikan dan pengukuhan pada hari ini dilakukan pada jenjang kecamatan dan desa, dimaksudkan agar upaya untuk mendorong dan meningkatkan edukasi sejak dini agar cakupan pendidikan yang diberikan dapat lebih luas dan terfokus. Disamping pengawasannya lebih ditingkatkan agar upaya pemenuhan hak-hak anak dalam mendapatkan kasih sayang dan pendidikan yang memadai,” katanya.

Lanjut Bupati, pelantikan dan pengukuhan ini juga sejalan dengan ikhtiar pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Layak Anak yang baru-baru ini juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

“Agar kinerja PAUD dapat ditingkatkan, dukungan penuh instansi terkait, baik Dinas Dikbudpora, TP PKK dan GOW kabupaten Bima dalam mencari formulasi yang tepat untuk mendukung keberadaan PAUD amat diperlukan,” tambahnya.

BACA JUGA:   Wakil Rakyat Ini Motivasi Alumni HMI Langgudu Dengan Cerita Perjuangan

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikbudpora Zunaidin HI dalam laporannya mengatakan, jumlah PAUD di Kabupaten Bima yang telah memenuhi syarat dan mendapatkan legalitas sebanyak 730 layanan, terdiri dari 334 layanan TK, 389 RKB, 20 PAUD sejenis dan 9 taman bermain/penitipan anak. 250 lembaga diantaranya sudah terakreditasi.

“Pelantikan PAUD ini merupakan upaya strategis untuk menjamin tumbuh kembangnya PAUD di seluruh pelosok kabupaten Bima yang tersebar pada 191 desa,” Imbuh Zunaidin.

Pelantikan dan pengukuhan tersebut ditandai dengan penyematan pin dan pemasangan selempang Bunda PAUD oleh Bupati Bima kepada para Bunda PAUD Kecamatan, dan hal yang sama dilakukan oleh Bunda PAUD Kecamatan kepada Bunda PAUD desa.

(Nain/beritasampit.co.id)