Polres Barito Utara Lakukan Apel Siaga dan Gelar Pasukan Penanganan Bencana

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma foto bersama dengan peserta apel gelar pasukan dalam rangka penanganan bencana di halaman Mapolres setempat, Muara Teweh, Selasa 2 November 2021.//Ist-ANTARA/Dokumen Pribadi;

MUARA TEWEH – Polres Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan apel siaga dan gelar pasukan penanganan bencana dalam menangani kejadian bencana alam di wilayah kabupaten tahun 2021.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma saat memimpin apel di halaman Mapolres setempat di Muara Teweh, Selasa 2 November 2021, mengatakan, apel siaga ini dengan tujuan agar ada sinergi dan kesiapan siagaan dalam menghadapi berbagai kemungkinan risiko terjadinya bencana alam.

Kapolres juga berharap agar tidak ada bencana yang terjadi kabupaten Barito Utara. Sebab menurutnya, berdasarkan prediksi BMKG beberapa hari ke depan cuaca tidak bersahabat dan terjadi hujan dan badai di wilayah Kalimantan Tengah pada umumnya, dan Kabupaten Barito Utara khususnya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam. Baik berupa bencana banjir, tanah longsor atau angin puting beliung seiring sudah masuknya musim penghujan.

“Kami minta masyarakat agar waspada dalam menghadapi bencana alam ini dan kepada para petugas selalu siap menjalankan tugas,” kata Kapolres Barito Utara, dikutip dari Antara, Selasa 2 November 2021.

Sementara Danramil 1013-03 Teweh Tengah, Lettu Inf M Guntur, yang turut hadir dalam gelar apel juga meminta kepada pihak BPBD untuk lebih sigap dalam penanganan bencana.

Upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat,dan siap siaga seluruh peralatan keselamatan, meminta masyarakat untuk bersikap waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam.

“Baik berupa bencana banjir, tanah longsor atau angin puting beliung seiring sudah masuknya musim penghujan. Mengingat terus terjadinya curah hujan, yang terus menerus, kita tidak tahu kapan terjadinya bencana, kita selalu siap siaga dan waspada,” kata dia.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan monitoring sarana dan prasarana keselamatan dari beberapa petugas penanganan bencana, BPBD, Polres, dan TNI.

(Ant/BS-65)