Air Sungai Mulai Meluap, Banjarmasin Tetapkan Status Siaga Bencana

Salah seorang anggota BPBD Kota Banjarmasin saat melaporkan terjadinya genangan akibat air sungai meluap, Rabu 10 November 2021.//ANTARA/istimewa;

BANJARMASIN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Fahruraji, mengatakan daerahnya menetapkan status siaga bencana karena air sungai mulai meluap.

Menurut dia, Sejumlah wilayah mulai terjadi genangan cukup tinggi sejak kemarin Selasa 9 November 2021 malam.

Sejak 1 November 2021, lanjutn Fahruraji, daerahnya sudah menetapkan status siaga bencana banjir, tanah longsor dan gelombang pasang, khususnya di wilayah berdekatan dengan sungai.

Air sungai yang meluap ditambah sering terjadi hujan yang curahnya cukup tinggi mengakibatkan ada sebagian wilayah pemukiman warga yang mengalami genangan hingga 40 centimeter.

“Kita terus pantau intensitas ketinggian air sungai, sekaligus menyiapkan penanganan jika sampai terjadi genangan lebih parah lagi,” kata Fahruraji, dikutip dari Antara, Rabu 10 November 2021.

BACA JUGA:   Banjir 3 Meter Rendam 2.008 Rumah di Kabupaten Banjar, Kalsel

Dikemukakan, berdasarkan pantauan pihaknya sejak kemarin malam (selasa) hingga dinihari tadi (Rabu) wilayah yang terdampak air sungai meluap atau banjir rob akibat La Lina di wilayah berdekatan dengan aliran sungai.

“Luapan air sungai merendam wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Tengah dan Sebagian wilayah Banjarmasin Utara,” ucapnya.

Adapun rinciannya di Banjarmasin Barat di Jalan Jafri Zam-zam Kelurahan Belitung Selatan dengan ketinggian air 20-30 cm, di Jalan Pembangunan Ujung Kelurahan Kuin Cerucuk ketinggian air40 cm.

Selanjutnya di jalan Kuin Keluraham Kuin Selatan ketinggian air 20-30 cm, Jalan Simpang Anem Kelurahan Belitung Utara ketinggian air 30-40 cm, Jalan Cendrawasih, Kelurahan Belitung Selatan ketinggian air 20-30 cm.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi, Nelayan Kalsel Dilarang Melaut

Kemudian di Jalan Sutoyo S, Kelurahan Teluk Dalam ketinggian air 30-40 cm, Jalan Belitung GangTunas Baru Kelurahan Belitung Selatan ketinggian air 20-40 cm.

Kemudian di wilayah Banjarmasin Tengah di Jalan Rawasari Komplek Citra Sari Kelurahan Teluk Dalam ketinggian air 20-30 cm.

Untuk wilayah Banjarmasin Selatan di Jalan 9 Oktober, Kelurahan Pekauman ketinggian etinggian air 20-30 cm dan di jalan Kelayan B Kelurahan Kelayan Timur ketinggian air 20-30 cm.

“Sementara itu di Kecamatan Banjarmasin Utara di Jalan Pangeran Kelurahan Pangeran dengan ketinggian air 20-30 cm,” ujar Fahruraji.

(Ant/BS-65)