Kalangan Dewan Minta Pemkab Maksimalkan PAD Pada Sektor Perkebunan

AHMAD/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko.

KUALA PEMBUANG – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menilai jika salah satu sektor potensial yang bisa digali dalam rangka peningkatan dan pemaksimalan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Seruyan ada pada sektor perkebunan.

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko mengungkapkan, hal ini dilatarbelakangi dengan banyaknya jumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS) perkebunan yang beroperasi di Bumi Gawi Hatantiring.

Ia menjelaskan, sejatinya jika memang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan mau bekerja keras untuk menggali PAD, yang tetap menjadi andalan untuk hal itu adalah sasaran-sasaran pajak yang ada di PBS.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Sebenarnya yang jadi andalan kita tetap sektor perkebunan, sasaran pajak yang ada di perusahaan itu harus kita gali. Jangan hanya menunggu, karena kalau menunggu maka sulit,” katanya, Kamis, 11 November 2021.

Lebih lanjut ia menuturkan, sangat banyak sekali perizinan Hak Guna Usaha (HGU) di Seruyan yang tidak ada dan masih banyak sasaran yang lainnya. Akan tetapi, karena pemerintah daerah belum terlalu proaktif menggali potensi-potensi daerah yang seharusnya bisa tergali dengan baik, maka hal tersebut sulit dimaksimalkan.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Tapi kita selama ini hanya menunggu berapa pajak yang mengalir, jadi sulit untuk bisa optimal. Kami dari jajaran DPRD Seruyan pada dasarnya siap untuk membantu mendampingi kelapangan,” jelasnya.