Pandemi Covid-19 Memberikan Tantangan Besar Dalam Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat

MAN/BERITA SAMPIT - Kegiatan FGD yang digelar Dinkes dan Diskominfo Kabupaten Kobar di Hotel Avilla Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan UNICEF Indonesia pada Selasa, 16 November 2021 melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Edukasi dan Informasi yang Tepat dan Benar Guna Percepatan Cakupan Vaksinasi Covid-19 menuju Kotawaringin Barat Herd Immunity.

Kegiatan yang digelar di aula Hotel Avilla Pangkalan Bun ini menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar Achmad Rois, Kepala Dinas Kominfo Kobar, Rody Iskandar dan dihadiri langsung oleh perwakilan UNICEF, Jana Fitria Kartika.

Peserta FGD sebanyak 43 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, pejabat daerah, Camat, masyarakat rentan (ibu hamil), duta pariwisata, jurnalis dan influencer di Kabupaten Kobar. Sedangkan Kepala Desa dan pimpinan Puskesmas seluruh Kobar mengikuti secara virtual.

BACA JUGA:   Bank Kalteng Pangkalan Bun Bersama PIP Berbagi Berkah Takjil di Bulan Ramadan

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana menyampaikan, bahwa pandemi Covid-19 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya, jalannya roda perekonomian di Bumi Marunting Batu Aji ini.

Menurut Tengku, salah satu strategi pengendalian Covid-19 di Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah selain melakukan 3T (Testing, Tracking dan Treatment), Pemerintah juga melakukan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Herd immunity bisa tercapai apabila vaksinasi bisa merata di seluruh kelompok umur dan masyarakat rentan, seperti ibu hamil menjadi salah satu prioritas dalam kegiatan vaksinasi. Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan kegiatan FGD ini bisa memberikan kontribusi dalam merubah perilaku serta mengajak masyarakat terutama kelompok rentan dan lansia agar mau divaksinasi,” tandasnya.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Kobar Jaring 88 Sepeda Motor Terlibat Bali

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar per tanggal 15 November 2021, capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Kobar telah mencapai 74,852 persen. Sedangkan untuk dosis 2 baru mencapai 43,291 persen. Untuk capaian vaksinasi yang masih rendah untuk dosis 1 adalah lansia sebanyak 57,20 persen. (Man/beritasampit.co.id).