Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Kalteng Penyebab Banjir Rob di Kapuas

Air pasang merendam kawasan jalan di dalam Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Minggu 5 Desember 2021 malam. ANTARA/All Ikhwan

KUALA KAPUAS – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan air pasang atau rob yang terjadi di daerahnya pada Minggu 5 Desember 2021 malam, karena gelombang tinggi di perairan selatan wilayah Kalimantan Tengah.

“Kita informasikan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, adanya prospek tinggi gelombang perairan selatan Kalteng, mulai 0,5 hingga 3 meter,” kata Panahatan, Senin 6 Desember 2021. Demikian dilansir dari Antara.

Selain itu, adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi hingga sedang, disertai dengan kilat dan angin kencang, sehingga dapat berpotensi banjir, banjir bandang, air pasang, gelombang tinggi, longsor dan pohon tumbang.

Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat di kabupaten setempat untuk selalu tetap waspada adanya potensi terjadi kembali air pasang atau rob di daerah setempat.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Jadi perlu diwaspadai, ada pertumbuhan awan cumulonimbus, di mana dapat membuat angin kencang dan tingginya gelombang. Untuk itu diimbau masyarakat berhati-hati dan waspada ketika aktivitas di laut tanggal 6-12 Desember 2021,” katanya.

Panahatan juga mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap munculnya binatang melatan seperti ular yang muncul ke daratan saat air pasang merendam jalan dan permukiman.

“Terlebih juga waspadai aliran listrik, agar terhindar dari musibah tidak diinginkan,” ucapnya.

Pihaknya tetap melakukan pengawasan patroli di sejumlah titik rawan terutama yang dekat dengan Sungai Kapuas, serta melakukan sosialisasi dan imbauan terkait potensi-potensi yang akan terjadi.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kita tetap melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terhadap fenomena alam ini. Sekali lagi kita ingatkan masyarakat untuk tetap selalu waspada,” demikian Panahatan Sinaga.

Sementara itu, air pasang atau rob yang merendam sejumlah jalan dan rumah warga di dalam Kota Kuala Kapuas, terjadi pada Ahad 5 Desember 2021 malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Adapun jalan yang terendam diantaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Suprapto, Jalan Sudirman, Jalan Melati, Jalan Tendean, Jalan Tjilik Riwut, Jalan Mawar dan Jalan Kapuas.

(Antara/BS65)