Anggota DPRD Palangka Raya Beri Penghormatan Terakhir untuk Almarhum Riduanto

M.Slh/BERITA SAMPIT - DPRD dan Pemkot saat foto bersama usai melaksanakan upacara Penghormatan terakhir almarhum Riduanto.

PALANGKA RAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya melaksanakan Upacara Penghormatan terakhir  almarhum Riduanto yang juga merupakan salah satu Anggota Dewan Kota masa jabatan 2019-2024.

Penghormatan terkahir tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto yang didampingi Walikota Palangka Raya Fairid Naparin secara langsung memimpin prosesi penghormatan terakhir. di Aula Rapat Paripurna DPRD Kota jalan Tjilik Riwut Km 5.5. Rabu, 22 Desember 2021.

Pada upacara tersebut dihadiri juga unsur pimpinan DPRD dan jajarannya serta Sekretaris Dewan Hj Sitti Masmah beserta jajaran Sekwan dan Keluarga Besar Riduanto memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum. Serta dari Pemerintah setempat, Wakil Wali Kota,  Hj Umi Mastikah beserta jajaran OPD di ruang lingkup Pemkot.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto dalam sambutanya menyebut bahwa, almarhum Riduanto merupakan sosok teladan yang baik dan pernah dimiliki oleh Kota Cantik Palangka Raya.

Hal itu terlihat bukan hanya pada saat almarhum menjabat sebagai anggota legislatif. Namun juga pada saat memimpin Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) maupun sebagai ketua dan anggota Panitia Khusus (Pansus) pembahasan peraturan daerah.

“Beliau adalah sosok yang patut kita contoh. Bagaimana dirinya dengan begitu baik, disiplin, profesional dan selalu kooperatif dalam membahas suatu permasalahan di masyarakat dan mencari penyelesaiannya melalui peraturan daerah yang pro kepada rakyat. Tak bisa saya pungkiri, selama ini hampir seluruh Perda baik inisiatif DPRD maupun Pemkot ada campur tangan dingin beliau selama menjabat,” terang  Sigit K. Yunianto.

BACA JUGA:   Bupati Kobar Resmikan Jaringan Listrik Desa Lalang

Dikesempatan yang sama juga Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutannya mengaku terkejut dan sangat terpukul atas kepergian salah satu putera terbaik Kalimantan Tengah.

“Kita semua terkejut dan terpukul atas meninggalnya Pak Riduanto. Begitu cepat kepergian ini, beberapa hari sebelum almarhum menghembuskan nafas terakhirnya saya sempat berkomunikasi serta menitipkan banyak pesan kepada saya khususnya tentang kemajuan daerah,” tutur Fairid Naparin.

Orang nomor satu di Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini juga mengungkapkan sosok almarhum Riduanto yang mana dikatakan Fairid almarhum merupakan sosok humanis dan murah senyum serta mudah menjalin komunikasi terhadap siapapun, termasuk jajaran Pemkot Palangka Raya.

“Saya sangat merasa kehilangan karena beliau adalah salah satu jembatan komunikasi antara DPRD dan Pemkot dalam merumuskan kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah ini. Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama masa hidupnya, mohon almarhum dimaafkan,” ujarnya.

Banyak kebersamaan yang telah pihaknya jalani bersama almarhum dalam melaksanakan tugas. Pemikiran, waktu, tenaga, ide dan gagasan serta saran banyak utarakan dalam setiap pembahasan yang dilaksanakan oleh Lembaga eksekutif dan legislatif baik pembahasan rancangan regulasi maupun penyelenggaraan Pemerintahan di Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Desa Berambai Makmur Juara II Lomba Gerakan Sayang Ibu Tingkat Provinsi

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Palangka Raya, turut menyampaikan rasa duka cita yang mendalam bagi keluarga. Semoga Almarhum dapat diterima dalam kehidupan kekal di surga dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan,” tutupnya.

Isak tangis pun pecah saat pemberian penghormatan terakhir dan penyerahan jenazah almarhum kepada pihak keluarga. Almarhum selanjutnya diantarkan menuju TPU Km 12 Jalan Cilik Riwut untuk dikebumikan.

Usai acara ibadah pemakaman, dilanjutkan dengan tabur bunga dan peletakan karangan bunga oleh Istri almarhum Tuah Hang Yati, Ketua DPRD dan wakil-wakil Ketua DPRD, seluruh anggota DPRD serta jajaran Forkopimda.

Diketahui bahwa, Riduanto menjabat sebagai anggota DPRD Kota Palangka Raya selama dua periode mulai pada tahun  2014-2019 dan 2019-2024.

Selama menjadi anggota legislatif, Riduanto sempat menjabat sebagai Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan dan Keuangan tahun 2014-2017, Ketua Bapemperda tahun 2019-2024, anggota Badan Musyawarah DPRD, serta aktif sebagai ketua maupun anggota panitia khusus (Pansus) dalam pembahasan rancangan Perda.

Pria kelahiran Sanggu, 20 Juni 1968 tersebut menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu, 19 Desember 2021 pukul 09.05 WIB di RSUD Doris Silvanus Palangka Raya, dengan penyakit diagnosa mengalami penyakit Jantung Koroner.

(M.Slh/Beritasampit.co.id)