Rektor UPR Hadiri Saresehan Nasional Bahas Penguatan Karakter Bangsa

IST/BERITA SAMPIT - Rektor UPR Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si. saat foto bersama dengan Rektor Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Andrie Elia menghadiri kegiatan Sarasehan Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) yang dilaksanakan di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung. Rabu, 22 Desember 2022.

Kegiatan itu diikuti 32 Rektor Perguruan Tinggi Se-Indonesia, Sarasehan dan Bedah Buku Bunga Rampai berlangsung 22-23 Desember 2021 mengambil tema “Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pengamalan Pancasila untuk Penanganan dan Penanggulangan Sikap Ekstremisme dan Terorisme serta Penanganan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual” dengan narasumber Menteri BUMN Erick Thohir.

FRPKB adalah salah satu forum rektor di antara beberapa forum rektor lain. Terdapat tiga forum rektor yaitu pertama, Forum Rektor Indonesia (FRI) adalah forum rektor yang bersifat umum, sebagai wadah diskusi semua isu mulai ideologi, politik, sosial, budaya pendidikan tinggi, ekonomi, dan isu-isu lainnya.

BACA JUGA:   Tingkatkan Silahturahmi Keluarga Besar RSUD Palangka Raya Gelar Buka Puasa Bersama

Kedua, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) yang khusus berkaitan dengan isu-isu pendidikan tinggi dan penerimaan mahasiswa. Ketiga, FRPKB, adalah forum rektor PTN maupun PTS yang fokus pada penguatan karakter bangsa di perguruan tinggi.

Ketiga forum rektor tersebut, pada prinsipnya saling mendukung dan bekerja sama. Karena antara satu sama lain juga bagian dari anggota atau pengurus forum/majelis rektor tersebut. Yang membedakan ketiga forum rektor tersebut adalah fokus kegiatan dan pengembangan program.

BACA JUGA:   Orang Tua Bayi Korban Dugaan Malpraktik Melabrak RSUD Doris Silvanus saat Konferensi Pers

Maksud penyelenggaraan kegiatan saresehan dan bedah buku ini untuk menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif dari perguruan tinggi dalam membangun karakter bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia maju

“Guna melaksanakan agenda-agenda Penguatan Karekter bangsa melalui pengamalan Pancasila di daerah kerja masing-masing melalui berbagai kegiatan, program dan bahkan sistem pembelajaran,” terang Andrie Elia.

Sebagai informasi bahwa kegiatan tersebut bertepatan dengan Pembukaan Muktamar NU ke 34 yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

(M.Slh/Beritasampit.co.id)