Dewan Dorong Pencegahan Dini Karhutla di Katingan

IST/BS - Budy Hermanto saat melakukan kunjungan ke Dapil II menggunakan perahu Klotok lantaran akses darat belum terbuka.

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto mengingatkan semua pihak agar waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal itu perlu diantisipasi sejak dini. Pasalnya, Kabupaten Katingan pernah melewati masa-masa kelam akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada tahun 2015 lalu.

“Kami imbau semua pihak harus waspada terhadap potensi karhutla. Sebab, kita harus belajar dari tahun yang lalu bagaimana Karhutla melanda Katingan,” kata Budy. Rabu, 5 Januari 2022.

Ia mendorong agar semua pihak baik pemerintah, pemangku kepentingan, maupun tokoh-tokoh masyarakat dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya mencegah terjadinya karhutla di Katingan. Sehingga dampak-dampak negatif yang akan ditimbulkan dari karhutla bisa diminimalisir.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

“Sinergi atau kolaborasi itu penting dari semua pihak dan sangat diharapkan guna meningkatkan kesiapan masyarakat secara umum dalam mengantisipasi bencana itu, termasuk dengan penanganannya baik sebelum maupun pasca bencana,” jelasnya.

Selain itu, dukungan dan bantuan dari pemerintah seperti memberikan pembinaan kepada masyarakat sangat perlu dilakukan.

Hal itu agar masyarakat bisa semakin cepat tanggap dalam upaya mengantisipasi potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Giat Safari Ramadan Pemkab Katingan

Ia juga mengajak masyarakat supaya dapat senantiasa menjaga lingkungan sekitarnya dengan tidak membakar lahan secara sengaja.

Hal itu sangat penting dilakukan dan sebagai salah satu upaya mengantisipasi bencana karhutla supaya tidak terjadi.

“Kita tidak ingin bencana karhutla menjadi masalah baru bagi daerah ini, dan sudah seharusnya kita antisipasi sejak dini. Harapan kita,” pungkasnya.

(Kawit)