Dewan Soroti Masalah Sampah Di Desa Hampalit yang Menumpuk

IST/BERITA SAMPIT- Tumpukan sampah di Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Masalah sampah yang berada di Jalan Trans Baun Bango -Kereng Pangi terus menjadi keluharan warga. Pasalnya, sampah yang berserakan selain membuat lingkungan tidak bersih juga mengeluarkan bau tidak sedap.

Memperhatikan hal tersebut Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto mendorong pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan agar bisa turun kelapangan dan mencarikan solusi terkait tumpukan sampah tersebut.

Dia mengukapkan selama ini, banyak warga yang menyampaikan keluhan terkait masalah sampah. Menurutnya, persoalan sampah di Desa Hampalit tersebut harus diurai dari berbagai aspek. Misalnya mengenai lokasi tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

Pasalnya, tumpukan sampah sepanjang jalan tersebut bukan karena masyarakat membuang sembarangan, tapi tempat sampahnya yang tidak mencukupi dan juga jarak TPA yang disiapkan terlalu jauh dari masyarakat.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

” Kami berharap isntansi DLH dapat melakukan aksi nyata dalam membersihkan sampah itu. Mulai dengan bekerjasama dengan pihak desa dan masyarakat,” Ungkapnya, Rabu 26 Januari 2022.

Terkait kondisi seperti ini, pihaknya akan menjadwalkan dalam badan musyarawah (Banmus) DPRD Katingan. DPRD selaku mitra kerja pemerintah berhak dan akan memanggil instansi DLH yang menangani masalah sampah ini.

” DPRD Katingan akan memanggil Kepala DLH Katingan, guna mempertanyakan atas berserakkan sampah di Kota Kasongan tepatnya ruas jalan Kereng Pangi dan Kamipang itu,” Jelasnya.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

Seperti diketahui, dampak dari persoalan sampah terhadap lingkungan ini sangatlah jelas. Mulai dari pencemaran laut, pencemaran sungai, menghambat proses air tanah, pencemaran tanah dan membuat air serta tanah menjadi tidak sehat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tidak hanya itu, saat sampah berada di darat dan kemudian dibakar, banyak yang tidak menyadarinya bahwa hal itu ternyata juga menimbulkan kerusakan lingkungan yang baru. Masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan penuh sampah ini juga secara langsung akan terdampak seperti lingkungan kotor, polusi sampah, yang bisa memicu terjadinya masalah kesehatan salah satunya yang paling mendominasi adalah gangguan pernapasan.

(Kawit)