Pihak Berkepentingan Terindikasi Ingin Menghambat Gerak Panitia Kerja Vaksin

Ilustrasi Vaksin

JAKARTA – Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consultants, Pangi Syarwi Chaniago, berharap panitia kerja (Panja) vaksin yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dapat bekerja maksimal.

“Saya melihat ada indikasi pihak-pihak yang berkepentingan ingin menghambat laju gerak panja vaksin tersebut,” kata Pangi dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Antara, Minggu 30 Januari 2011.

Kata dia, banyak aktor dan pihak yang berkepentingan dalam vaksin, mulai dari pengusaha hingga pejabat negara.

BACA JUGA:   Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin Dukung Insentif Mobil Hybrid

Menurut dia, jika kinerja panja belum maksimal, perlu dilakukan evaluasi untuk melihat kendala apa yang mereka alami saat ini.

Pangi berharap panja vaksin bisa lebih progresif dalam bekerja, tidak “masuk angin”, bekerja untuk agenda kemaslahatan rakyat banyak, bukan kehendak para cukong dan oligarki.

Sebelumnya, Komisi IX DPR RI telah membentuk Panja Pengawasan Vaksin COVID-19 sejak tanggal 20 Januari 2022. Panja mulai bekerja pada masa persidangan III Tahun Sidang 2021-2022.

BACA JUGA:   Ribuan Desa Belum Teraliri Listrik, Mukhtarudin: 79 Tahun Merdeka, Rakyat Masih Hidup Dalam Kegelapan

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengatakan, panja yang telah dibentuk bertugas melakukan pengawasan program vaksinasi yang digencarkan pemerintah.

Kata dia, Komisi IX tengah menyusun agenda panja, salah satunya mengenai regulasi hingga alokasi anggaran untuk pengadaan vaksin yang nilai impornya mencapai Rp44,08 triliun untuk pengadaan sebesar 465,07 juta dosis vaksin. (Antara/beritasampit.co.id).