Hindari Kanker, Masyarakat Banjarmasin Diajak Gerakan Hidup Sehat

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina. ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin

BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H. Ibnu Sina mengajak masyarakatnya untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germes) untuk menghindari dari penyakit kanker.

Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina di Banjarmasin, Kamis 3 Februari 2022 menyampaikan itu untuk perhatian masyarakat pada peringatan Hari Kanker se-Dunia tahun 2022 yang biasa diperingati setiap 4 Februari.

“Makanya langkah-langkah yang dilakukan adalah mengajak masyarakat untuk mensukseskan Germas, dengan berolahraga minimal 30 menit sehari dan menghindari rokok, kemudian juga kebiasaan makan makanan yang bergizi dan seimbang,” ujarnya.

Menurut Ibnu Sina, ajakan ini digaungkannya untuk menyadarkan masyarakat bahwa ancaman dari penyakit kanker tersebut tidak kalah bahayanya dengan COVID-19 yang saat ini terjadi hingga banyak juga memakan korban jiwa.

“Penyakit kanker juga tidak kalah banyak dari COVID-19 membuat korban jiwa, sehingga tetap harus diperhatikan semua,” tuturnya.

Pada peringatan Hari Kanker se-Dunia yang lebih awal dilaksanakan di Kota Banjarmasin, Pemkot Banjarmasin bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin dan TP PKK Kota Banjarmasin melaksanakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test bagi ibu rumah tangga, guna memeriksa dan mencegah kanker serviks.

Kegiatan ini bertempat di Halaman Rumah Sasirangan Kreatif (RSK) Kota Banjarmasin, Kamis.

Ibnu Sina berharap dengan langkah pemeriksaan yang telah dilaksanakan, dapat menekan jumlah kasus pengidap kanker yang ada di Kota Banjarmasin.

Dia pun juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran kasus COVID-19 yang makin bertambah saat ini. (Antara/beritasampit.co.id).