Kementerian ESDM Akan Bangun PLTS Terpusat di Desa Muara Ripung dan Danau Masura

DEDDY/BERITA SAMPIT : Kabag Perekonomian dan SDA Setda Barsel Mulyadi Harry Perin.

BUNTOK-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pusat di tahun 2022 ini, akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat di dua Desa yakni Desa Muara Ripung dan Danau Masura Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah (Setda) Barsel Mulyadi Harry Perin kepada beritasampit.co.id, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis 3 Februari 2022, mengatakan bahwa terkait akan dibangunnya PLTS terpusat tersebut pada tanggal 14 hingga 26 Februari 2022 mendatang pihak Kementerian ESDM akan melakukan pelatihan bagi tenaga pengelola, karena pada tahun-tahun sebelumnya setelah PLTS dibangun kemudian diserahkan kepada pihak desa untuk pemeliharaannya.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Akan tetapi pihak desa sendiri, tidak memahami bagaimana cara pemeliharaan PLTS terpusat tersebut berdasarkan hal itu tahun 2022 ini yang melakukan pemeliharaan PLTS disiapkan terlebih dahulu Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dilakukan pelatihan di Kementerian ESDM Pusat selama dua minggu,” katanya.

Setelah mereka siap, lanjut Mulyadi, baru dibangunkan PLTS terpusat sehingga ketika PLTS sudah terbangun semua sudah siap dan tidak ada kendala saat diserahkan ke pihak desa untuk mengelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) ini.

“Untuk pembangunan fisik, di bulan Januari 2022 sudah mulai dikerjakan yang ditargetkan akan selesai bulan Desember 2022 mendatang namun kita tetap berharap semoga pembangunannya selesai di bulan Nopember 2022,” jelas Mulyadi.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Lebih lanjut ditambahkannya, dengan adanya bantuan PLTS terpusat oleh Kementerian ESDM Pusat ini Pemerintah Daerah berharap bagi desa-desa yang terkendala akses jalan yang memang tidak bisa jaringan listrik PLN masuk juga mendapatkan pelayanan penerangan listrik.

“Dikarenakan bisa dikatakan desa-desa terpencil, yang berada diwilyah Kabupaten Barsel dapat menikmati pelayanan penerangan listrik yakni melalui PLTS terpusat ini nantinya,” kata Mulyadi Harry Perin.

(Ded/beritasampit.co.id)