Pelajari Peningkatan PAD, Komisi A DPRD Palangka Raya Kunjungi Kota Bogor

IST/BERITA SAMPIT - Jajaran Komisi A DPRD Kota Palangka Raya saat memberikan Plakat kepada perwakilan Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Kota Bogor.

PALANGKA RAYA – Jajaran Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya belum lama ini melakukan Kunjungan Kerja (Kungker) ke Kota Bogor Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kunjungan Wakil Rakyat asal Kota Palangka Raya tersebut untuk membahas terkait peran DPRD dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Adapun arah yang dituju para wakil rakyat dari Kota Cantik Palangka Raya tersebut adalah Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Kota Bogor.

Dalam keterangan tertulisnya, Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra mengatakan bahwa, pengawasan sektor penerimaan PAD sangatlah penting untuk selalu menjadi prioritas dalam kinerja pihak DPRD dan juga Pemerintah Daerah (Pemda), agar tercapainya sistem keuangan daerah yang mandiri.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Ini yang menjadi salah salah satu alasan mengapa dilaksanakan kunker ke Kota Bogor, yakni agar nantinya pemerintah daerah tidak lagi bergantung pusat dan sumber-sumber penerimaan lainnya, sehingga defisit anggaran tidak perlu menjadi agenda rutin dalam pembahasan RAPBD setiap tahunnya,” terang Jhony Arianto Satria Putra, Senin 7 Februari 2022.

Politisi dari Fraksi Partai NasDem ini juga mengungkapkan bahwa, Kota Bogor itu sendiri sudah terbangun bagaimana Pemerintah Daerah memainkan perannya secara baik yang berimplikasi positif, serta bagaimana sinergitas lembaga legislatif dan eksekutif dalam pengaturan fungsi pengawasan terhadap peningkatan PAD.

BACA JUGA:   Subsidi Ongkos Angkut Distribusi Beras Diharapkan Bisa Tekan Kenaikan Harga

“Dalam pertemuan kunker itu kami berdiskusi, sekaligus menggali bagaimana peningkatan efektivitas pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap peningkatan PAD,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan dirinya bahwa, adapun yang disampaikan dalam Kungker tersebut didapat pengetahuan terkait beberapa cara pengawasan terhadap peningkatan PAD. Antara lain mencakup Preliminary Control, Interim Control dan Post Control.

“Dengan Kunjungan kerja ke Kota Bogor, kami semakin berkomitmen untuk menghadirkan inovasi sebagai upaya membantu mendongkrak PAD Kota Palangka Raya semakin meningkat,” tutup Jhony Arianto Satria Putra. (M.Slh/beritasampit.co.id)