PWI Kalteng Hadiri Rakernas SIWO Indonesia Bahas Kesiapan Porwanas di Jatim

IST/BERITA SAMPIT - Ketua SIWO PWI Kalteng, Giben (kiri)

KENDARI – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 7-9 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Beberapa hal penting dibahas dengan muara komitmen mengawal olahraga Indonesia menuju prestasi di tahun 2022.

Ketua Umum SIWO Pusat, Gungde Ariwangsa mengatakan, Rakesnas bukan hanya rutinitas bagi SIWO namun menjadi penegas bahwa organisasi menjadi satu pilar olahraga nasional untuk mengawal prestasi Indonesia. Di tengah pandemi, menurut dia, SIWO terus dituntut menyebarkan semangat olahraga di masyarakat demi prestasi dunia.

“SIWO ingin mengawal secara khusus prestasi Indonesia di ajang Sea Games dan Asian Games 2022. Secara khusus juga kami akan melaksanakan Porwanas di Malang Raya, Jatim pada tahun ini, setelah tertunda beberapa tahun akibat pandemi,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Senin 7 Februari 2022.

Sementara, Ketua Umum National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari yang hadir secara daring dari Manado menyampaikan apresiasi pada SIWO, yang sudah menjadi bagian terpenting bagi NOC dalam membangun dan meningkatkan prestasi olahraga.

BACA JUGA:   Permas Palangka Raya Adakan Kegiatan Silahturahmi dan Buka Bersama

Masyarakat saat ini menurut dia bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber media massa diharapkan bisa memberikan pencerahan dengan sumber-sumber valid dan bisa dipercaya.

“Kami percaya, SIWO mampu menghadirkan informasi-informasi yang terpercaya dan valid dari sumber-sumber yang terpercaya. Masih segar bahwa WADA memberikan sanksi pada Indonesia bahwa Merah Putih tidak bisa berkibar. Namun, atas peran bersama termasuk SIWO, per 2 Februari, akhirnya Merah Putih bisa berkibar kembali di ajang internasional, semoga prestasi kita bisa lebih baik lagi ke depan. Apalagi tahun 2022 ini sangat banyak kejuaraan internasional yang akan dilaksanakan,” jelasnya.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari yang hadir secara langsung dan membuka acara, meminta wartawan olahraga untuk terus membangun potensi olahraga di Indonesia dan meminta SIWO mendukung desain pembangunan olahraga nasional yang digagas pemerintah.

“Atlet itu diciptakan, bukan ditemukan begitu saja. SIWO harus terus mendukung pembangunan olahraga Indonesia, membuat berita-berita inspiratif, mendalam dan membantu melahirkan atlet-atlet berprestasi Indonesia,” katanya.

BACA JUGA:   Panggung Seni Budaya, Wujud Nyata Pertahankan Kelestarian Budaya Ditengah Masyarakat

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Kalimantan Tengah (Kalteng), Giben, yang hadir mengikuti Rakernas menyampaikan kesiapan PWI Kalteng dalam mengikuti Porwanas dimana direncanakan mengikuti 12 cabang olahraga. Berbagai kesiapan untuk mensukseskan kegiatan itu juga terus di dorong agar semua atlet wartawan selain memiliki kondisi tubuh sehat dalam berolahraga juga membantu menggerakan olahraga dengan masyarakat.

“Berbagai kesiapan terus dilakukan untuk suksesnya Porwanas 2022, setelah lama tertunda. Kami juga bersama masyarakat meningkatkan olahraga secara bertahap agar dapat menjaga kondisi tubuh, situasi olahraga hingga ajang pencarian bibit bibit olahraga dimasyarakat secara bertahap,” kata Giben.

Mengenai kerjasama dengan pemerintah untuk DBON, SIWO Indonesia juga mulai merancang program sosialisasi hingga program dibdaerah, termasuk di daerah Kalimantan Tengah.

“Tantangan ini tentunya menjadi kepercayaan terhadap SIWO terutama wartawan dalam mendorong dan meningkatkan kualitas olahraga di daerah, terutama meningkatkan olahraga di Kalteng,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)