Panggung Seni Budaya, Wujud Nyata Pertahankan Kelestarian Budaya Ditengah Masyarakat

SYAHYUDI/BERITA SAMPIT - Staf Ahli bidang ekonomi Keuangan dan pembangunan Yuas Elko saat membuka kegiatan Seni dan Budaya.

PALANGKA RAYA – Menyambut Hari Perempuan Internasional Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah menggelar Seni dan Budaya, bertempat di Panggung Teater Terbuka UPT Taman Budaya   Kota Palangka Raya, Sabtu 23 Maret2024 malam.

Mengusung tema yang diusung, Perempuan Kalteng Berdaya Indonesia Unggul, acara ini dimeriahkan oleh Borneo Lovely Line Dance, Habsyi Majelis Ta’lim AT-Tarbiyah, Hapakat, SSB Darung Tingang, Yenny Management, SSB Tanjung Nyaho, Sanggar Nyai Bajenta, dan Bintang Radio Indonesia 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari, melalui  sekretaris Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Kalteng Rusita Muniarsi mengatakan, bahwa gelar seni budaya ini  bertujuan untuk melestarikan dan mencintai Seni budaya yang dimiliki oleh Daerah Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Kajati Kalteng: Pra Musrenbang Wadah Merumuskan Rencana Kerja Setiap Satker Kejaksaan Tinggi

“Panggung seni budaya ini merupakan salah satu langkah konkret dalam mengenalkan dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap beragam seni tradisional Indonesia, salah satunya yang ada di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah Wildae D Binti mengatakan menambahkan, saat ini, melalui panggung seni budaya ini berharap kesenian atau kebudayaan yang dimiliki bisa terus lestari serta terjaga.

“Selain untuk melestarikan seni budaya Daerah Kalimantan Tengah pagelaran ini juga dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional,”tambahnya.

Lebih lanjut dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh staf Ahli bidang ekonomi Keuangan dan pembangunan Yuas Elko mengungkapkan, bahwa pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyambut baik dengan terselenggaranya kegiatan gelar Seni Budaya ini.

BACA JUGA:   Kelurga Besar DLH Kalteng Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Quran

“Kegiatan ini sebagai perwujudan cipta dari karya para seniman daerah yang dilandasi nilai luhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila, yang bercorak Bhinneka Tunggal Ika serta berwawasan Nusantara,” lanjutnya.

Selain itu, pagelaran ini dalam rangka mempertahankan eksistensi kebudayaan bangsa yang dibutuhkan peran semua pihak, baik dari pemerintah maupun masyarakat terlebih lagi para penggiat Seni dan Budaya.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sendiri terus berupaya memberi perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan pengembangan Seni budaya daerah yang merupakan bagian integral dari Kebudayaan Nasional,” ungkapnya. (yud)