Antisipasi Masuknya Virus Omicron, Kapolres: Siap Perketat Jalur Keluar Masuk Kabupaten Kobar

Man/BERITA SAMPIT : Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Kesehatan Provinasi Kalteng Suyuti Syamsul belum lama ini mengatakan  di sejumlah media, bahwa virus covid-19 varian baru ‘Omicron’ telah masuk ke Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar), AKBP Devy Firmansyah, mengatakan siap akan memperketat jalur masuk kabupaten yang memiliki semboyan Marunting Batu Aji ini.

“Untuk menghadapi COVID varian Omicron, pemerintah sudah menekankan dan Polres Kobar bertugas dalam melakukan pengawasan juga memperketat di seluruh pintu masuk, baik di bandara, pelabuhan laut dan darat,” kata Kapolres, Selasa 8 Februari 2022.

Dikatakan Kapolres, pihaknya bersama Bupati telah melaksanakan vicon dengan Presiden terkait masalah pencegahan Omicron.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

“Jadi langkah yang kita lakukan, pertama kita harus belajar dari pengalaman kita yang pernah masuk ranking 2 se Kalteng. Bupati kemarin sudah memerintahkan untuk mengecek ketersediaan Bor kita kemudian obat-obatan, dan juga oksigen kita, dan kita pastikan juga dari pihak Korindo tetap bisa membantu kita menyimpan satu hari 100 tabung oksigen,” ujar Devy Firmansyah.

Kemudian yang kedua, lanjut Kapolres, posko PPKM telah diaktifkan kembali dan sudah berjalan serta berfungsi kembali. Selanjutnya melakukan pengawasan terhadap pasien-pasien Covid-19, dan di setiap Kecamatan sudah dipersiapkan tempat isolasi terpadu.

“Bupati siap mendukung, ada empat titik yang akan di lakukan pengawasan, pertama bandara aktivitas keluar masuk penumpang, Kemudian yang kedua adalah pelabuhan itu sama juga aktivitas keluar masuknya penumpang dari luar provinsi”, imbuh Kapolres.

BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

Titik ke 3 pengawasan adalah di simpang Kecamatan Kotawaringin Lama untuk mengantisipasi masuk dari Sukamara maupun Kalimantan Barat dan yang terakhir di Pangkalan Banteng untuk mengantisipasi masuk dari Palangkaraya maupun Sampit.

“Kita harus mengantisipasi terlebih dahulu, sekarang kita tingkatkan lagi sosialisasi di tempat wisata dengan pembatasan 50 persen, kemudian kita juga tetap masih melaksanakan penyemprotan desinfektan. Untuk itu kami mengimbau kepada semua pihak, khususnya masyarakat agar terus meningkatkan Prokes 5 M, agar kita semua terhindar dari ancaman varian baru omicron,”pungkap Kapolres. (man/beritasampit.co.id).