Bupati Barsel: Merumuskan Program Pembangunan Desa Perlu Kecermatan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri,ST saat mengikuti kegiatan Musrenbangdes di Desa Muka Haji 

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy Raya Samsuri mengatakan, dalam merumuskan program untuk memajukan wilayah desa perlu adanya ketelitian dan kecermatan bersama-sama dari berbagai pihak.

Menurut Bupati, program pembangunan tersebut dirumuskan dan ditetapkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan secara optimal memanfaatkan diskusi panel dengan para narasumber dan perangkat daerah, sehingga akan mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program kegiatan strategis desa maupun kelurahan untuk kepentingan dan kemajuan desa itu sendiri.

Hal tersebut dikatakan Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri kepada sejumlah awak media usai membuka dan mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) hari ketujuh di Desa Baruang dan Muka Haji Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) Kamis, 10 Februari 2022.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepada Camat GBA, Kepala Desa (Kades) Baruang dan Muka Haji beserta seluruh jajarannya, tokoh pemuka agama, adat dan tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat. Dikatakan, hasil kesepakatan dan kesepahaman dalam Musrenbangdes tersebut yakni memprioritaskan program-program kegiatan strategis di kedua wilayah desa tersebut.

“Karena kita bersama-sama telah melaksanakan Musrenbangdes dan Kelurahan dengan baik serta paripurna untuk memprioritaskan program-program kegiatan strategis di Desa Baruang dan Muka Haji,” katanya.

Menurutnya, hasil dari Musrenbangdes ini nantinya untuk pelaksanaan dan pendanaannya akan diusulkan pada forum Musrenbang ditingkat Kecamatan dalam bentuk Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DURKP).

“Hasil kesepakatan dan kesepahaman bersama ini dalam pembahasan Musrenbangdes dan Kelurahan diusulkan pada forum Musrenbang tingkat Kecamatan dalam bentuk DURKP,”Jelasnya.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

DEDDY/BERITA SAMPIT – Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri,ST, saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Musrenbangdes di Desa Barang.

Lebih lanjut orang nomor satu di Barsel ini menambahkan, untuk mendukung program pemerintah daerah kepada pihak Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan agar bisa memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) untuk pembangunan desanya.

“Pemanfaatan DD tersebut, juga harus benar-benar sesuai dengan sasaran program kegiatan sehingga apa yang telah diprogramkan oleh pihak Pemdes dalam memajukan desanya akan dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat desanya sendiri,” pungkas Eddy Raya Samsuri.

Hadir dalam Musrenbangdes tersebut, Wakil Ketua I dan II DPRD Barsel, beberapa anggota DPRD Barsel dapil II, seluruh Kepala SOPD Barsel, Camat GBA beserta jajarannya, Kades Muka Haji dan Baruang serta tamu undangan yang lainnya. (Ded/beritasampit.co.id)