Polresta Palangka Raya Tingkatkan Kesiagaan Hadapi Karhutla

Personel Polresta Palangka Raya mendemonstrasikan penggunaan peralatan pemadam kebakaran lahan di halaman markas kepolisian di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu 9 Februari 2022. (ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya)

PALANGKA RAYA – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangka Raya meningkatkan kesiagaan menghadapi kemungkinan kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Wakil Kepala Polresta Palangka Raya AKBP Andiyatna mengatakan, bahwa pengecekan perlengkapan dan personel dilaksanakan untuk mengecek kesiapan petugas serta sarana dan prasarana penanggulangan karhutla.

Menurut dia, kepolisian juga menguji kemampuan personel dalam menggunakan peralatan pendukung upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla serta memberikan penyuluhan kepada warga mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:   Peluang Fairid Naparin Menang di Pilwalkot Palangka Raya Masih Besar

“Rutin menyosialisasikan imbauan dan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah terkait larangan membakar lahan serta ancaman pidana dan denda bagi oknum maupun korporasi yang sengaja melakukannya,” kata Andiyatna, dikutip dar Antara, Kamis 10 Februari 2022

Selain itu, Andiyatna mengingatkan seluruh personel kepolisian untuk menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

“Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Maksimalkan waktu yang ada untuk istirahat serta berolahraga,” katanya.

(Antara/BS65)