Kasus Pembuangan Bayi, Ketua LSM Lentera Kartini : Perlu Perhatian Serius Semua Pihak

IST/BERITA SAMPIT - Ketua LSM Lentera Kartini Kotim Forisni Aprilista

SAMPIT – Sejumlah kasus pembuangan bayi di Kabupaten Kotawaringin Timur, menjadi sorotan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera Kartini yang merupakan lembaga menangani perlindungan anak.

Tindakan tidak bertanggung jawab oleh orang tua ini disebabkan oleh berbagai macam alasan dan kerap kali sang bayi ditemukan di tempat-tempat yang tidak layak, mulai dari kardus bekas, bak sampah, hingga semak-semak.

BACA JUGA:   Sekretaris KPU Kotim: Satu Bulan Keterlambatan Gaji PPS Masalah Administrasi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang tua tega membuang bayinya. Seperti masalah ekonomi, akibat pergaulan bebas membuat mental orang tua yang belum siap mempunyai anak.

“Sangat membuat miris kasus kasus pembuangan bayi akhir-akhir ini,”kata Ketua LSM Lentera Kartini Kotim Forisni Aprilista, saat dikonfirmasi media ini, Sabtu 12 Februari 2022

IST/BERITA SAMPIT – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana (DP3AP2KB) Kotim, saat mengunjungi bayi yang ditemukan warga, di Puskesmas Ketapan II Sampit. Sabtu 12 Februari malam.

Untuk mengantisipasi dan menekan permasalahan ini, diperlukan sinegitas semua pihak, terutama bagaimana memberikan pembinaan kepada generasi muda agar tidak mudah terjerumus dalam pergaulan bebas.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Perintahkan Perbaikan Jalan Rusak saat Safari Ramadan di Kecamatan Baamang

“Kasus pembuangan bayi ini perlu menjadi perhatian serius semua pihak terkait, bagaimana kedepannya kasus seperti ini tidak terulang lagi,”pungkasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)