Parmana Setiawan : Program Pembangunan Harus Tepat Sasaran

MUSRENBANG –Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara asal Daerah Pemilihan (Dapil) 1, Parmana Setiawan (tengah) saat menghadiri Musrenbang di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Rabu 9 Februari 2022, belum lama ini. (ISKANDAR/BERITA SAMPIT)

MUARA TEWEH – Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara saat ini tengah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di setiap kecamatan guna membahas dan menyepakati usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2023.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara Parmana Setiawan mengatakan setiap program maupun kegiatan yang nantinya dilakukan pemerintah melalui usulan dari rencana pembangunan daerah diharapkan dapat tepat sasaran.

“Penting setiap program atau kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah itu harus tepat sasaran,” kata Parmana saat dibincangi beritasampit.co.id di kantornya, Selasa 15 Februari 2022.

Ditambahkannya lebih baik pemerintah fokus pada program yang sudah ada dan belum terselesaikan, pemerintah harus secara bertahap menyelesaikan program satu persatu sesuai dengan anggaran yang tersedia.

“Maksudnya kita lebih baik fokus pada program kegiatan yang sudah ada, selesaikan dulu satu persatu, menyesuaikan dengan kemampuan kita,” jelas politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Misalnya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa bersumber dari pasar, menurutnya pasar exs pendopo pasca kebakaran para pedagang lama, hingga kini ada yang belum mendapatkan tempat berjualan.

“Jadi mereka yang belum memiliki tempat itu yang harus kita pikirkan, jika pedagang itu terakomodir tempat jualan nya otomatis kehidupan dan ekonomi mereka meningkat. Saat ekonomi mereka meningkat pasar pun rami dan ekonomi pun juga rami,” bebernya.

“Kan mereka membayar lapak, juga bayar tempat dalam bentuk kontrak setiap tahunnya kepada pemerintah daerah, intinya lebih pada prioritas penggunaan anggaran, jangan sampai mubajir, target tepat sasaran dan apa yang ada di RPJMD pemerintah daerah juga tetap tercapai,” pungkasnya.

(isk/beritasampit.co.id)