Bunda PAUD Diharapkan Memotivasi Masyarakat

HARDI/BERITA SAMPIT - Ketua TTP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran usai mengukuhkan Bunda PAUD Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Posisi  Ketua TP PKK yang melekat pada diri  istri kepala daerah juga menjadi sebagai Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Perannya sangat strategis  karena sebagai sosok mitra utama, tokoh sentral, figur ibu dalam gerakan nasional PAUD bBerkualitas dengan layanan holistik integratif di setiap jenjang pemerintahan.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Provinsi Kalteng) Ivo Sugianto Sabran saat melantik Avina Triani Almira Fairid Naparin sebagai Ketua TP PKK dan di kukuhkan sebagai Bunda PAUD Kota Palangka Raya, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 16 Februari 2022.

“Keberadaan Bunda PAUD diharapkan dapat memotivasi masyarakat, dan para pemangku kepentingan PAUD, untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif. Bunda PAUD merupakan sebuah kedudukan sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat,” kata Ivo Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Tingkatkan Silahturahmi Keluarga Besar RSUD Palangka Raya Gelar Buka Puasa Bersama

Menurut Ivo, Keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting, untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di wilayahnya. Peran Bunda PAUD di seluruh Indonesia khususnya di Kalimantan Tengah, harus lebih di tingkatkan lagi. Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya, yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

“Dalam mendorong penyelenggaraan PAUD yang berkualitas dengan layanan holistik integratif, Bunda PAUD diharapkan dapat bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal, selain itu Bunda PAUD berperan menjadi fasilitator dan motivator dalam melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat, dalam mewujudkan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Tim LKPD Laksanakan Paparan Analitis Guna Meyakini Keandalan Informasi

Selain itu di masa pandemi covid 19 saat ini masih melanda, peran TP PKK dan Bunda PAUD sangat penting, antara lain membantu pemerintah dalam mengedukasi, dan memberikan pemahaman kepada keluarga yang merupakan bagian terkecil dari masyarakat tentang betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari – hari. Serta menggali sebesar besarnya potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan ketahanan keluarga khususnya selama pandemi ini masih berlangsung.

(Hardi/Beritasampit.co.id)