Ketua DPRD Dukung Langkah Pemkab Mura Lakukan Komitmen Bersama Cegah Korupsi

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua DPRD Murung Raya, Doni SP, MSi

PURUK CAHU – Ketua DPRD Murung Raya (Mura) Doni SP, MSi memberikan apresiasi dan mendukung penuh terhadap langkah Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph bersama Kepala OPD dan Camat yang telah melakukan penandatanganan pakta integritas  komitmen bersama pencegahan korupsi.

Menurut Doni, penandatangan pakta integritas merupakan sebuah langkah kebijakan yang diambil menyikapi adanya fenomena kecenderungan perilaku ASN.

“Ini merupakan terobosan membentuk sebuah komitmen bersama sama untuk benar benar menggunakan anggaran pemerintah sepenuhnya untuk pembangunan dengan tata kelola yang baik bersih dari korupsi dan berbagai penyimpangan,” Kata Doni, Rabu 16 Februari 2022.

Dijelaskan politisi PDIP itu, pakta integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi dan tanggungjawab dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Tentu kami atas nama DPRD mendukung langkah yang dilakukan ini, agar kedepan tidak ada lagi penyimpangan bahkan tindak pidana korupsi yang melibatkan jajaran ASN lantaran pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang salah,” tuturnya.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Mura Lentine Miraya SSos menyampaikan, penandatangan pakta integritas bagi pejabat jabatan pimpinan tinggi pratama dan Camat Se Kabupaten Mura adalah peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 49 tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“Penandatangan pakta integritas bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran, serta memperlancar pelaksanaan tugas yang berkualitas, efektif, efesien dan akuntabel,” Jelas Lentine.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Selain itu, Bupati Mura Perdie M Yoseph juga berharap dengan adanya pakta integritas yang ditetapkan bagi para Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Mura serta seluruh Pegawai Negeri Sipil dapat mencegah terjadinya penyimpangan di bidang pengadaan barang dan jasa, anggaran, serta peningkatan disiplin dalam berkerja.

“Saya berharap melalui penandatanganan pakta integritas saat ini, kembali mengingatkan kepada para pejabat dan segenap jajaran di lingkungan Pemkab Mura, bahwa jabatan merupakan amanah yang tidak saja dipertanggung jawabkan kepada pimpinan dan masyarakat akan tetapi kelak juga diminta pertanggungjawaban di akhirat,”pungkasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)