Manggala Agni Muara Teweh Gelar Bimtek Pengendalian Hutan dan Lahan

SIMULASI: ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Peserta pelatihan bimbingan teknis saat praktek pemadaman kebakaran, Rabu 16 Februari 2022.

MUARA TEWEH- Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni, Kalimantan IV Muara Teweh menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengendalian hutan dan lahan di kantor setempat, di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

Kepala Daerah Operasi (Kadaops) Andreas Ero Manggala Agni Kalimantan IV Muara Teweh mengatakan Bimtek pengendalian hutan dan lahan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai sejak pembukaan, tanggal 15 sampai 17 Februari 2022, diikuti sebanyak 30 anggota Manggala Agni.

“Kegiatan kita dari Kementerian KLHK melaksanakan bimtek atau bimbingan teknis diselenggarakan tanggal 15 sampai 17 selama 3 hari yang diikuti 30 anggota Manggala Agni,” kata Andreas, Kamis 17 Februari 2022 di kantornya.

Dijelaskannya mengenai pelaksanan kegiatan, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait lainnya seperti Kodim 1013 Muara Teweh, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kalimantan Tengah untuk pelatihan evakuasi satwa.

“Bekerjasama dengan berbagai pihak, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Manggala Agni,” ungkap Andreas Kepala Operasi yang membawahi 4 Kabupaten di Das Barito Utara.

Sementara itu, setelah diajarkan materi secara bertahap para peserta kegiatan mempraktekan langsung, melalui simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan, dari pemadaman kering hingga pemadaman basah, juga dirangkai dengan praktek penanganan evakuasi satwa.

Diketahui, kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di dua Kabupaten, yakni Kotawaringin Barat (Kobar) dan Barito Utara, terselenggaranya Bimtek selain dari Kementerian KLHK juga bekerja sama dengan The International Tropical Timber Organization (ITTO) Jepang.

(isk/beritasampit.co.id)