Basarnas Diharapkan Tingkatkan Inovasi dan Teknologi

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalsel)

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) terus meningkatkan inovasi dan teknologi untuk memberikan pertolongan pada korban.

Gubernur Sahbirin di Banjarbaru, Senin 21 Februari 2022 mengungkapkan pihaknya memberikan apresiasi tinggi atas dedikasi Basarnas dalam membantu para korban bencana di daerah itu.

“Kita bisa melihat sendiri bagaimana perjuangan tim Basarnas dibantu TNI/ Polri, dan relawan dalam memberikan pertolongan atau mencari korban hilang akibat bencana,” kata dia usai mengikuti peringatan HUT Basarnas 2022 secara virtual.

Peran Basarnas yang cukup besar dalam membantu masyarakat, antara lain saat terjadinya banjir besar di Kalsel yang menyebabkan ribuan rumah terendam serta beberapa bencana lainnya yang terjadi di provinsi ini.

Dia mengatakan pada acara peringatan HUT Basarnas 2022 tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara menyampaikan lima pesan penting untuk Basarnas, antara lain Basarnas harus cepat beradaptasi dalam perkembangan teknologi dan harus memperbanyak inovasi.

Selain itu, terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM), memperkuat sinergi dan kolaborasi, memperkuat pencegahan, mitigasi, antisipasi, selalu menghasilkan gagasan-gagasan yang inovatif dan terobosan penting untuk meningkatkan pelayanan Basarnas bagi masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyampaikan pada 2021, Basarnas telah melakukan operasi pencarian dan pertolongan sebanyak 2.294 kejadian yang meliputi operasi kecelakaan pesawat, kapal, penanganan khusus, bencana dan kondisi membahayakan manusia. (Antara/beritasampit.co.id).