Pemprov Kalteng Persiapkan Potensi dan Segala Sumber Daya Sambut IKN

Hardi/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo

PALANGKA RAYA – Berdasarkan intruksi dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, bahwa Pemerintah Kalimantan Tengah melalui program-programnya akan menyiapkan segala potensi yang ada dalam menyambut ibu kota negara (IKN) nanti.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat berada di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kalteng, Selasa 22 Februari 2022, mengatakan, Kalimantan Tengah merupakan Provinsi yang luasnya 1,5 kali Pulau Jawa, dan merupakan Provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua. Sehingga untuk menyambut hal tersebut dengan persiapan yang lebih baik.

BACA JUGA:   Tiga Kecamatan di Kobar Terima Berkah dari Pemprov Kalteng

“Seperti menyiapkan kawasan industri yang akan dijadikan sebagai role model, untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sehingga dalam menyambut hal itu kita, dimulai dari pembentukan kawasan industri terlebih dahulu. Selain itu untuk kawasan industri itu hanya berlaku di beberapa daerah saja, dan di perkirakan di wilayah timur itu akan rame,” ucapnya.

“Oleh sebab itu untuk kawasan industri itu dibagi menjadi tiga zona seperti barat, tengah, dan timur. Untuk zona barat itu meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Seruyan. Untuk zona tengah Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kapuas. Sedangkan untuk zona timur yaitu daerah Barito,” jelasnya.

BACA JUGA:   Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Audiensi dengan Sekda Kalteng

Edy menegaskan, oleh sebab itu kita akan mempersiapkan kawasan industri itu, berdasarkan potensi daerah masing-masing. Sebagai contoh untuk zona timur itu yang unggul potensinya batu bara, dan pertambangan.

Edy juga menambahkan, selain menyiapkan kawasan industri, Kalteng juga akan mempersiapkan Sumber Daya Manusia bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), nanti mereka akan mengkaji seluruhnya. (Hardi/beritasampit.co.id)