Hendry Ch Bangun: Pelatihan Kompetensi Akan Lahir Wartawan Berkualitas

M.SLH/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun saat memberikan sambutannya.

PALANGKA RAYA – Pers pada umumnya baik di dalam negeri maupun internasional yang berikutnya adalah agar menyadari sepenuhnya, menjadi wartawan yang profesional itu adalah sesuatu yang tidak mudah dan melalui pelatihan kompetensi akan lahir wartawan yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun saat memberikan sambutannya dalam kegiatan pelatihan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh ANTARA Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan uji kompetensi tersebut dilakukan secara daring yang diikuti oleh 60 orang peserta UKW yang ada di Kalteng, Selasa 29 Februari 2022.

“Banyak sekali tantangan, cobaan yang akan kita hadapi, karena di tengah-tengah kita banyak sekali orang yang menyatakan dirinya sebagai wartawan melakukan tugas-tugas, tetapi sebenarnya baik profesionalisme maupun karya jurnalistik sebetulnya cara kita tahu bahwa saat ini banyak sekali kritik yang disampaikan ke media massa,” ungkap Hendry.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

Dia menjelaskan, begitu banyak produk-produk media massa yang tidak ada bedanya dengan berita-berita yang disampaikan. Menjadi tugas besar untuk dapat mempertahankan jati diri sebagai wartawan yang taat pada kode etik, memahami tugas utama, melakukan kontrol negara ini dapat berlangsung atau dilangsungkan sesuai dengan tata kelola.

“Pelatihan ini, kita perlu adanya mencadangkan, pikiran dan perasaan kita untuk berkorban demi meningkatkan profesionalisme kita. Saya berharap, teman-teman bersemangat, meskipun profesi kita ini sekarang banyak sekali disusupi oleh penumpang gelap dan tetap percaya bahwa profesi kita ini tujuannya baik, bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

BACA JUGA:   H Nadalsyah Siap Calonkan Diri sebagai Gubernur, Partai Demokrat Kalteng Akan Lakukan Konsolidasi ke Seluruh Kabupaten

Untuk diketahui, jadwal acara kegiatan Pelatihan Jurnalistik Provinsi Kalimantan Tengah dibagi jadi tiga sesi.

Sesi pertama, tentang Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers oleh Hendry Ch Bangun/Dewan Pers. Sedangkan pada sesi kedua, tentang standar Kompetensi Wartawan serta Bahasa Indonesia Jurnalistik yang disampaikan oleh Rahmad Hidayat/IJTI.

Kemudian sesi ketiga, tentang Teknik Wawancara dan Penulisan Berita (straight news, feature, tajuk) oleh Rahmad Hidayat/IJTI dan Gusti Nur Cahaya, Antara. (M.Slh/beritasamput.co.id).