Bangun Spirit Literasi Anak Desa, Pemuda Kalteng Aksi Sosial

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kelas mengajar.

KASONGAN – Pemuda Kalimantan Tengah yang terdiri dari aliansi komunitas dan organisasi-organisasi kepemudaan di Kalteng menyelenggarakan kegiatan Donasi Literasi. Kegiatan ini sudah berlangsung 6 kali dengan lokasi yang berbeda.

Donasi Literasi (DL) batch 6 diselenggarakan pada Kamis, 3 Maret 2022 di Desa Tewang Menyangen, Kabupaten Katingan. Perjalanan menuju desa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam 30 menit dengan menggunakan jalur darat. Kemudian untuk sampai ke desa harus menggunakan Kapal Ferry penyeberangan sekitar 10 menit.

“Kegiatan ini bisa terlaksana karena bantuan dari para donatur yang kami kumpulkan dari tanggal 19 Januari-1 Maret 2022. Harapannya semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat baru bagi adik-adik agar bisa meningkatkan kegemaran membaca,” kata Ketua DL Batch 6, Ijudin Karim, melalui rilis yang diterima pada Jumat, 4 Maret 2022.

BACA JUGA:   Alian Masyarakat Kalteng Desak Kapolri Evaluasi Polda Kalteng

Dia menambahkan, bahwa kegiatan tersebut tidak hanya mendonasikan buku, tetapi juga menata ulang perpustakaan, kelas mengajar, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, gerakan sejuta liter susu, serta membagikan bingkisan kepada anak-anak desa tersebut.

Yessi Kristiana, Kepala Sekolah SDN Tewang Menyangen menyebutkan bahwa sekolah tersebut kurang mendapatkan perhatian dari Pemerintah. “Walaupun, desa ini cukup dekat dengan pusat kecamatan, tetapi saya rasa desa ini bisa dibilang tertinggal. Bahkan di sekolah ini, menyelenggarakan kegiatan seperti ini baru 2 kali dilaksanakan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kajati Kalteng: Pra Musrenbang Wadah Merumuskan Rencana Kerja Setiap Satker Kejaksaan Tinggi

Dia juga mengucapkan terima kasih banyak kepada tim dan para donatur yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dirinya berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan.

Perlu diketahui, organisasi/komunitas pemuda yang tergabung dalam kegiatan ini adalah Kalteng Cerdas, Ikatan Duta Bahasa Kalteng, Euroweek Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Bintang Literasi, Duta Inspirasi Kalteng dan XSR Kalteng.

Selain itu, bergabung juga Ikatan Mahasiswa Palangka-Surabaya, Hisfarma Ikatan Apoteker Indonesia Kalteng, ACT Kalteng, GMKI Palangka Raya, PMKRI palangka Raya, KEPPMA Gumas, Yayasan Utus Lewu, Antrepublic Coffe, Suara dari Bisu, serta media platform infokalteng, dan infoplk. (Hardi/beritasampit.co.id).