Dinas PUPR Siap Perbaiki Jalan Menuju TPA/Translik, Hasyim Mualim: Akan Dilakukan Secara Bertahap Tahun 2023

Ist/BERITA SAMPIT : Kadis PUPR Kab.Kobar Hasyim Mualim (inzet), siap akan melaksanakan perbaikan jalan arah TPA/Translik Desa Pasir Panjang secara bertahap. 

PANGKALAN BUN – Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus berupaya meningkatkan infrastruktur jalan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Belum lama ini atas permintaan warga masyarakat telah dilakukan perbaikan jalan arah TPA Translik, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan.

“Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari adanya keluhan masyarakat, yakni kondisi jalan masuk ke arah TPA Translik Desa Pasir Panjang penuh dengan lubang, “ kata Kepala Dinas PUPR Hasyim Mualim.

Hasyim Mualim yang baru saja dilantik menjadi Kadis PUPR menggantikan Juni Gultom ini mengatakan, untuk pemeliharaan sementara dilakukan grading pada titik titik tertentu agar jalan tersebut tidak berlubang. Selanjutnya akan dilakukan peningkatan.

“Alhamdulillah sekarang sudah dilakukan treatment sementara dengan menimbun jalan tersebut. Selanjutnya akan kita coba upayakan peningkatan secara bertahap pada tahun 2023,” ungkap Hasyim Mualim.

BACA JUGA:   Awal Ramadan, Warga Laksanakan Tarawih di Masjid Alhijrah

Dijelaskan Hasyim, ruas jalan yang rusak berada di jalan arah Translik akses ke Taman Wisata Alam (TWA) Jurung Tiga dan merupakan alternatif menuju Sungai Sintuk.

Adapun penyebab kerusakan jalan tersebut karena tergenang air, lantaran beberapa hari yang lalu Kotawaringin Barat khususnya Pangkalan Bun hampir setiap hari diguyur hujan deras, serta seringnya kendaraan bermuatan melintasi jalan tersebut.

Untuk itu, dengan adanya program “O Lubang” pihaknya langsung memperbaikinya, sehingga kendaraan yang melintas bisa lancar. Kemudian akan ditingkatkan lagi dan dalam rangka menuju kondisi jalan menjadi mantap.

“Ketika jalannya sudah baik, maka pengangkutan sampah oleh DLH dan warga ke TPA bisa semakin lancar serta dapat mempermudah akses masyarakat sekitar,” imbuh Hasyim.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Minta Dikbud Lakukan Inovasi Perihal Perda Beasiswa

Sementara Anto salah seorang warga yang mengelola Kolam Wisata di Raut Naga arah jalan menuju TPP Desa Pasir Panjang, saat dikonfirmasi Jumat 4 Februari 2022 mengatakan bagus sekali Dinas PUPR sekarang ini mau memperbaikan jalan yang rusak.

“Sudah sejak lama Pak, jalan menuju TPA rusak berat, syukurlah kalau sekarang Dinas PUPR sekarang tanggap kepada keluhan masyarakat. Tapi saya minta jalan kearah TPA jangan ditimbun tanah, timbunlah dengan batu koral kalu bisa diaspal. Masa sudah lama jalan menuju ke TPR tidak diaspal, kan sudah 12 kali Kabupaten Kobar dapat Adipura,” imbuh Anto. (man/beritasampit.co.id).